TRENDS IN USING POWERPOINT MEDIA DISPLAY PATTERNS FOR NATURAL SCIENCE INSTRUCTION IN KUBU RAYA AND NORTH KAYONG DISTRICTS WEST KALIMANTAN

Reni Marlina, Dian Miranda, Hamdani Hamdani, Kasmawati Kasmawati Reni Marlina
Dian Miranda
Hamdani Hamdani
Kasmawati Kasmawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memetakan pola tampilan slide powerpoint yang digemari oleh siswa di jenjang PAUD hingga di jenjang SMA di Kabupaten Kubu Raya dan Kayong Utara, Kalimantan Barat, Indonesia. Sampel dalam penelitian ini berupa siswa dan guru-guru yang mengajar materi IPA terdiri dari 12 guru PAUD di Kubu Raya, 8 guru SD di Kubu Raya, dan 23 guru SMA di Kayong Utara. Siswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini terdiri dari 249 siswa dari seluruh siswa di sekolah tersebut. Masing-masing jenjang pendidikan terdiri dari 2 sekolah yang merancang pembelajaran secara kolaboratif (plan). Selanjutnya guru melaksanakan open class dan diakhiri dengan refleksi. Pelaksanaan ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus di masing-masing jenjang. Materi yang diamati dalam pembelajaran di PAUD adalah tentang Pengenalan organ tubuh, materi yang diteliti di SD adalah tentang makhluk hidup, dan di SMA tentang sistem Indera Manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 16 pola tampilan media yang terbagi dalam 5 kelompok yaitu complementary, analogous, triadic, split, dan tetradic. Pola ini dideteksi dari siklus plan pada masing-masing jenjang. Pola ini merupakan pola yang digunakan guru dalam menampilkan media pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil angket dari 249 siswa dari jenjang PAUD hingga jenjang SMA diperoleh informasi bahwa 1) 63% siswa secara keseluruhan dari PAUD hingga SMA lebih menyenangi pola tampilan media berupa split dibandingkan complementary, analogous, triadic, dan tetradic, 2) pola tampilan media tetradic dominan diminati oleh siswa PAUD dan SD, 3) siswa sekolah menengah lebih menyukai pola tampilan media berupa analogous. Diharapkan kepada para guru untuk merancang media pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa yang dididik.

 

Kata kunci: pola tampilan media, pembelajaran IPA


Full Text:

PDF

References


Alessi, S.M. & Trollip, S.R. (2001). Multimedia for Learning Methodsand Development. Gould Street: Allyn & Bacon.

Bruner & Jerome, S. (1966). Toward a Theory of Instruction. Cambridge:Harvard University.

Burrows, P., Cope, B., Kalantzis, M., Morgan, L., Suominen, K., & Yelland, N. (2009). Data from the Australian Research Council Learning by Design Project, unpublished manuscript.

Chun, F. (2006). Training Modules on Integrating ICT for Pedagogical Innovation. Makalah disampaikan dalam Nasional Training on Integrating ICT and Teaching and Learning yang diselenggarakan oleh UNESCO Bangkok bekerja sama dengan SEAMOLEC di Jakarta, 6 – 10 Maret 2006.

Corey. (2019). What is Design: Design Can Be Used To Describe Just About Everything. New York: Advertising.

Cloonon, A. (2005). Profesional Learning and EnactingTheor: On Trying to be a Lifelong/ Lifewide Teacher-Learnier. Melbourne: Victorian Schools Innovation Commission & Common Ground.

Cloonon, A. (2008). Mulimodality Pedagogies: a Multiliteracies Approach. International Journal of Learning, 15 (9), pp. 159 – 168.

Darmawan, D. (2014). Inovasi Pendidikan Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hasan, H. 1993. Pendidikan Ilmu- Ilmu Sosial (Buku 1). Bandung: Jurusan Publishing Company.

Hashemi, M. Azizinezhad, M., & Farokhi, M. (2011). PowerPoint as an Innovative Tool for Teaching and Learning in Modern Classes. Procedia Social and Behavioral Science, 31 (10), pp. 559 -563.

Heinich, Robert, Michael, M., James, D.R. (1982) Instructional Media: and the New Technology of Instruction. New York: John Wily and Sons.

Kalantzis, M & Cope, B. (2010). The Teacher as Designer: Pedagogy in The New Media Age. E-Learning and Digital Media Journal, 7 (3), pp. 200 – 222.

Lewis, et al. (2002). Does Lesson Study Have a Future in The Unites States? Nagoya Journal of Education and Human Development, 1 (1), pp. 1 – 23.

Luke, A. (2002). Curriculum, Ethics, Metanarrative: Teaching and Learning Beyond the national, Journal of Curriculum Perspectives, 22 (1), pp. 49 – 55.

Musfiqon, H.M. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Sadiman, A.S. dkk. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sadirman, A.M. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sa’ud & Syaefuddin, U. (2009). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Stepanek, J. (2003). A Lesson Study Team Steps Into the Spotlight. Northwest Teacher. Spring. 4 (3), pp. 2 -5.

Trianto, (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/.v6i2.1672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.

website statistics

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Bioeducation that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP