PENGEMBANGAN MODUL TAKSONOMI INVERTEBRATA PADA PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI

Nuri Dewi Muldayanti, Nurdianti Awaliyah Nuri Dewi Muldayanti
Nurdianti Awaliyah

Abstract


Telah dilakukan penelitian pembuatan modul berbasis lingkungan untuk materi kuliah Taksonomi Invertebrata yang mana materi pembahasannya adalah hewan invertebrata yang ada di Provinsi Kalimantan Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil identifikasi toksonomi invertebrata di Provinsi Kalimantan Barat dan bagaimana proses pembuatan modul taksonomi invertebrata di Universitas Muhammadiyah Pontianak. Metode yang digunakan pada penelitian pengembangan Modul Taksonomi Invertebrata ini menggunakan metode penelitian R n D (Research and Development) yang mengadopsi model pengembangan Four-D (4D) menurut Thiagarajan (1974) yaitu define, design, develop, disseminate. Proses pembuatan media pembelajaran berbasis lingkungan melalui tahapan analisis karakteristik peserta didik dan materi invertebrata yang berbasis lingkungan, desain pesan dan tampilan modul pembelajaran, produksi modul pembelajaran serta aplikasinya pada mata kuliah taksonomi invertebrata. Terdapat 19 hewan invertebrata yang banyak ditemukan di Provinsi Kalimantan Barat yang akan dijadikan materi pembuatan modul berbasis lingkungan

Kata kunci : Lingkungan, Modul, R and D, Taksonomi, Invertebrata


References


Andi Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatiaf. Yogyakarta: Diva Press. Dyah Setyaningrum, Siti Harnina Bintari, Priyantini Widiyaningrum. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi LIFE SKILLS Memanfaatkan Bahan Baku Kedelai Lokal

Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : PT.Rineka Cipta

Ibrahim. Sutini, 2011, Belajar, Pengajaran dan Pembelajaran. Pontianak : Fahruna Bahagia Press

I Wayan Santyasa. (2009). Metode Penelitian Pengembangan Dan Teori Pengembangan Modul. Makalah disajikan dalam pelatihan bagi para pendidik TK, SD, SMP, SMA, dan SMK tanggal 12-14 Januari 2009, di Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung

Kusumaningrum, Nur Aini, 2015, Pengembangan Modul Identifikasi Insekta di BKPH Kedunggalar Kecanatan Pitu Ngawi Pada Mata Kuliah Taksonomi Hewan Invertebrata, Florea Volume 2 No. 2, Nopember 2015 (24-27)

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005, Tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007, Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Rusman, Kurniawan. D, Riyana. C, 2012, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalitas Guru, Rajawali Press, Jakarta

Seels, B.Barbara dan Richey. Rita C, 1994, Teknologi Pembelajaran Defenisi dan Kawasannya, Terjemahan Cetakan III, Unit Penerbitan Universitas Negeri Jakarta

Sugiyono. 2011, Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Penerbit Alfabeta

Suprijono, Agus, 2009, Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi Paikem, Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar

Thiagarajan, S., Dorothy, S.S., & Melvyn, I. S. 1974. Instructional development for training teachers of exeptional children. Bloomington Indiana: Indiana University

Warsita. Bambang, 2008, Teknologi Pembelajaran : Landasan Dan Aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/bio.v6i1.1414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.

website statistics

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Bioeducation that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP