ANALISIS PENGETAHUAN AWAL CALON GURU BIOLOGI TERHADAP POTENSI LOKAL EKOSISTEM MANGROVE KABUPATEN KUBU RAYA

Adi Pasah Kahar, Yuniarti Yuniarti Adi Pasah Kahar
Yuniarti Yuniarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan awal mahasiswa calon guru biologi terhadap potensi lokal ekosistem mangrove. Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif. Data uji pengetahuan awal mahasiswa calon guru disajikan dalam bentuk persentase untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep secara keseluruhan. Uji pengetahuan awal tentang hutan mangrove berupa soal yang berbentuk pilihan ganda berjumlah 5 soal dengan tiga tingkatan, yaitu pertanyaan dan pilihan, alasan, dan tingkat keyakinan. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester 5 Pendidikan Biologi berjumlah 23 Orang. Hasil penelitian menunjukkan seluruh mahasiswa mengalami miskonsepsi pada tiap soal dengan persentase yang berbeda-beda, miskonsepsi paling besar terjadi pada pertanyaan terkait unsur paling penting dalam kehidupan mangrove sebesar 39% dan paling kecil pada pertanyaan terkait definisi hutan mangrove sebesar 13%. Dibutuhkan proses pembelajaran terkait potensi lokal untuk meminimalisir miskonsepsi pada mahasiswa calon guru biologi.

 

Kata kunci: Mangove, Pengetahuan Awal, Potensi Lokal

References


Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS). (2006). Vegetasi hutan mangrove provinsi Kalimantan Barat. Pontianak: BPDAS Kalbar.

Kordi, M. G. (2012). Ekosistem mangrove potensi, fungsi, dan pengelolaan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mumpuni, K. E. (2013). Potensi pendidikan keunggulan lokal berbasis karakter dalam pembelajaran biologi di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional X Biologi Universitas Sebelas Maret. Surakarta, hlm. 11-16.

Pamudji. (2000). Dampak perilaku manusia pada ekosistem hutan mangrove di Indonesia. Oseania, 15(2), hlm. 13-20.

Paramitha. (2013). Buku pedoman guru biologi edisi ke-4. Jakarta: Indeks.

Rahmatan, H. (2012). Pengetahuan awal calon guru biologi tentang konsep katabolisme karbohidrat. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), hlm. 91-97.

Rustaman, N. Y. (2011). Pendidikan dan penelitian sains dalam mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi untuk pembangunan karakter. [Online]. Tersedia di: http://sembio.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2011/07/Pendidikan-dan-Penelitian-Sains-HOT1.pdf. Diakses 12 November 2018.

Spelchan, D., & Nicoll, I. (2011). Mangroves manual for junior high and high school teacher. Soc Trang: Management of Natural Resources.

Subiantoro, A. W., & Handziko, R. C. (2011). Erupsi Merapi dan potensi pengembangan bahan ajar ekosistem berbasis representasi. [Online]. Tersedia di: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132309690/Erupsi%20Merapi%20&%20Representasi_UNS_2011.pdf. Diakses 11 Maret 2018.

Surtikanti, H. K. (2012). Pesona lingkungan badan air Indonesia. Bandung: Rizqi Press.

Tsai, C., & Hung, C. (2002). Exploring students’ coginitiv stucture in learning science: a review of relevant methods. Journal of Biological Eductaion, 36(4), hlm. 163-169.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/bio.v6i1.1413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.

website statistics

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Bioeducation that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP