PENGARUH MEDIA POP UP TERHADAP RETENSI (DAYA INGAT) DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PPADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X DI SMAN 1 SUNGAI RAYA

anggy tia pangesty, hanum mukti rahayu, arif didik kurniawan anggy tia pangesty
hanum mukti rahayu
arif didik kurniawan

Abstract


Saat proses pembelajaran siswa kesulitan dalam mengulang kembali pelajaran sebelumnya. Penggunaan media pop up dapat membantu siswa dalam retensi dan kemandirian belajarnya. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk menguji perbedaan dan pengaruh media pop up terhadap retensi (daya ingat) dan kemandirian belajar siswa materi keanekeragaman hayati di kelas X SMAN 1 Sungai Raya.  Metode yang digunakan adalah Quasy Eksperimen Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik porposive sampling. Kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuruan dan teknik komunikasi tidak langsung. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes retensi dan angket kemandirian belajar siswa. Hasil retensi dan kemandirian siswa diuji dengan U Mann-Whitney dengan hasil 0,00<0,05 yang artinya hipotesis ditolak sehingga terdapat perbedaan retensi dan kemandirian belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol. Besar pengaruh retensi dan kemandirian  yang diuji dengan effect size dengan hasil 1,55 dan 1,49 termasuk kategori besar dan memberikan pengaruh sebesar 70.7% dan 68,1%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan dan pengaruh kelas yang diajar menggunakan media pop up dan kelas yang diajar menggunakan media gambar terhadap retensi (daya ingat) dan kemandirian belajar siswa.


References


Atika, Yuyun Nur. 2016. Pengembanagan Media Pembelajaran Pop Up Mata Pelajaran Geografi Materi Siklus Hidrologi Dan Sistem Perairan Darat Di Kelas X SMAN 2 Jombang Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Geografi. 3(2):221-228.

Belva, Adiza H, Dkk. Pobundo (Pop Up Budaya Indonesia) Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Kebudayaan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. PELITA. 10(1):65-76.

Danim, Sudarwan. 2010. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta

Dewi, I.A.G Bintang Braba & Komang Tahayu Indrawati. 2014. Prilaku Mencatat Dan Kemampuan Memori Pada Proses Belajar. Jurnal Psikologi Udayana. 1(2):241-250.

Fakhruriza, Okta & Ika Kartika. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Pada Materi Kalor. JRKPF UAD. 2(2):54-57.

Hanifah, Tisna Umi. 2014. Pemanfaatan Media Pop Up Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usisa 4-5 Tahun ( Studi Eksperimen Di TK Negeri Pembina Bulu Temanggung). Jurnal Belia. 3(2):46-54.

Haryati, Feri. 2015. Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Soft Kill. Suska journal of mathemathics education. 1(1):9-18.

Herlinda, Dkk. 2018. Pengaruh Penggunaan Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Murid Kelas III SD Inpres Bontokanang Kecamatan Galesong Kebupaten Takalar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. 3(2):508-517.

Huda, Mualimul. 2016. Pembelajaran Berbasis Multimedia Dan Pembelajaran Konvensional ( Studi Komparasi Di Mts. Al-Mustaqim Plemahan Kediri). Jurnal Penelitian. 10(1):125-146.

Iismayanti, Meri, Dkk. 2016. Pengemabangan Buku Pop Up Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Crustacea Untuk SMA Kelas X. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Sains. 18(1):44-48..

Juniarsih, Qurrhata A’yun,dkk. (2015, 21 Maret). Peningkatan Retensi Belajar Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Melalui Penerapan Discovery Learning Dan Team Games Tournament Pada Siswa Kelas VII-G SMP Negeri 18 Malang. Malang:Universitas Muhammadiyah Malang.

Khotimah, Khusnul. 2012. Keefektifan Penggunaan Media Pop Up Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Penyusun Kalimat Sederhana Siswa Kelas Xi Bahasa 1 SMA Al Islam Krian Sidoarjo. Haeder Halaman Genap: Nama Jurnal. 1(1):1-5.

Latifah s. 2017. Efektivitas strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains di SMP N 22 Bandar Lampung. Jurnal penelitian pembelajaran fisika. 8(2):101-108.

Meviana, Ika Dan Suwito. 2015. Pengembangan Karakter Siswa Melalui Thinking Empowement By Questions Dan Iq Terhadap Kemampuan Pemahaman Geografi Siswa Sma. Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta. 9(7):311-317.

Pramesti, Jatu. 2015. Pengemabanagn Media Pop Up Book Tema Peristiwa Untuk Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Guru Dan Sekolah Dasar. 16(4):1-11.

Purmintasari, Dewi Yulita, Eka Jaya Pu. 2017. Penggunaan Media Ilustrasi Pop-Up Sejarah Dalam Pembelajaran Ips Di SD Negeri Batusari. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 10(2). 1-8.

Safri, meillia, dkk. 2017. Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 05(01):107-113.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/.v6i2.1180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.

website statistics

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Bioeducation that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP