STUDI KOMPARASI MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET BERBASIS SIKAP KONSERVASI DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA/MA KECAMATAN RASAU JAYA

yuliana yuliana, Nuri Dewi Muldayanti, Adi Pasah Kahar yuliana yuliana
Nuri Dewi Muldayanti
Adi Pasah Kahar

Abstract


ABSTRAK

 

       Salah satu upaya mencapai hasil belajar siswa ialah melalui kegiatan pembelajaran terhadap siswa di SMA/MA Kecamatan Rasau Jaya dengan menggunakan media pembelajaran berupa booklet. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media booklet berbasis sikap konservasi dengan media gambar pada materi keanekaragaman hayati di SMA/MA Kecamatan Rasau Jaya. Bentuk penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Karakteristik penentuan sekolah dalam penelitian ini yaitu SMA/MA Negeri yang berada di kecamatan Rasau Jaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengukuran dan observasi langsung. Berdasarkan hasil uji U-Mann Whitney dengan taraf signifikan sebesar 0,05 terdapat perbedaan hasil belajar di MAN 1 Kubu Raya sebesar 0,000 dan di SMAN 1 Rasau Jaya sebesar 0,002. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media booklet berbasis sikap konservasi dan media gambar di SMA/MA Kecamatan Rasau Jaya pada materi keanekaragaman hayati.

References


Daftar Pustaka

Arsyad, Ardi Muhamad. 2017. Identifikasi Kesadaran Masyarakat Terhadap Konservasi dan Rehabilitasi Burung. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal. 4(4): 81-91.

Apriyani, Dwi Dani. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Proyeksi Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif 7(2): 115-123.

Awe, Ermelinda Yosefa dan Benge Kristina. 2017. Hubungan Antara Minat dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Pada Siswa SD. Journal of Education Technology. 1 (4): 231- 238 .

Prastowo, andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Chania, Yen dkk. 2016. Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Journal of Sainstek. 8(1): 77-84.

Djelsia dkk. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIS Tompo Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar IPA. Jurnal Kreatif Tadulako Online 4(2): 194-208.

Ermi, Netti. 2015. Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosial pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Pekanbaru. Jurnal SOROT. 10(2). 155-168.

Falahudin, Iwan. 2014. Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkungan Widyaiswara. 1(4): 104-117.

Febrianti, dkk. 2016. Pengaruh Media Booklet Cherlys Dengan Pendekatan Konstruktivistik Terhadap Hasil Belajar Dan Respon Siswa SMA. 12.

Fujiyanto, Ahmad dkk. 2016. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1): 841-850.

Hariani, Ni Made Mega Dkk. 2016. Jenis-Jenis Tumbuhan Di Sekitar Sekolah Sma Gkst Palu dan Pengembangannya Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako. 5(3): 42-52.

Herlinda dkk. 2018. Pengaruh Penggunaan Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Murid Kelas III SD Inpres Bontokanang Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. 3(2): 508-517.

Idris, Muhammad dkk. Pemanfaatan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Inpres Salabenda. Jurnal Kreatif Tadulako Online.4(11): 155-165.

Ikhsan, Andi dkk. 2017. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di Sd Negeri 2 Teunom Aceh Jaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1): 1-11.

Irnaningtyas, 2016. BIOLOGI untuk SMA/MA kelas X Peminatan. Jakarta :Erlangga

Leksono, Suroso Mukti. 2017. Pengaruh Pembelajaran Mini Riset Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kesadaran Konservasi Keanekaragaman Hayati. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA. 2(6): 1-10.

Mahendrani, Kevin dan Sudarmin. 2015. Pengembangan Booklet Etnosains Fotografi Tema Ekosistem untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa SMP. Unnes Science Education Journal. 4(2): 865-872.

Mahnun, Nunu. 2012. Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya Dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam. 37(1): 27-35.

Maisaroh dan Rostrieningsih. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. 8(2): 157-172.

Mansyur, Yuni Astriyani. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Konservasi Pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMPN 1 Gempol. Jurnal Sains dan Pendidikan Sains. 5(1): 61-70.

Meilani, Ricardo Rini Intansari. 2017. Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Managemen Perkantoran. 1(1): 80-93.

Parwiyati, S.W dkk. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Booklet Pada Peningkatan Pengetahuan Peternak Kambing Tentang Penyakit Scabies Di KTT Ngupoyo Sato Desa Wonosari Kecamatan Patebon. Animal Agriculture Journal. 3(4): 581-585.

Pralisaputri, Kurnia Ratnadewi dkk. 2016. Pengembangan Media Booklet Berbasis Sets Pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. Jurnal GeoEco. 2(2): 147-154.

Priansa, D.J. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Purwandari, Novita. 2015. Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Siswa Kelas IV SD N 2 Srandakan. Jurnal Pendidikan. Guru Sekolah Dasar Edisi 15 Tahun ke IV Agustus.

Rachman, Maman. 2012. Konservasi Nilai dan Warisan Budaya. Indonesian Journal of Conservation. 1(1): 30-39.

Rahmatih, Aisa Nikmah. 2017. Pengembangan Booklet Berdasarkan Kajian Potensi dan Masalah Lokal Sebagai Suplemen Bahan Ajar SMK Pertanian. Journal of Innovative Science Education. 6(2): 162-169.

Ridlo, Saipul. 2016. Pengembangan Karakter Konservasi Untuk Mahasiswa Biologi Program PPG-SM3T. Jurnal pendidikan biologi. 8(1): 142-151.

Sagala, Radoti Merlin. 2017. Evaluasi Penerapan Booklet Dan Edukasi Apoteker Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Rumah Sakit Mayapada Tangerang. Original Article. 4(2): 102-110.

Septiana, Anisa. 2016. Hubungan Gaya Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa-Siswi Kelas XI SMA Negeri 1 Sangatta Utara Kutai Timur. Journal Psikologi. 4(2): 165-176.

Sukaesih, S dan Kartijono. 2014. Pengembangan Buku Ajar Microteaching Biologi Berbasis Kompetensi Dan Karakter Konservasi. Journal Unnes. 3(1): 79-85.

Sumarni. 2017. Efektifitas Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas II SD Inpres Bontomanai No. 37 Kota Makassar. Skripsi : 4.

Jayanti, Sintia. 2017. Pengaruh Promosi Kesehatan Melalui Media Cetak Booklet Terhadap Pengetahuan dan Sikap Pencegahan Penularan TB Paru Pada Keluarga Pasien. Skripsi Yang Tidak Dipublikasi Oleh Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Sistriyani, Dyah dkk. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Kingdom Animalia di SMA Dengan Interactive Skill Station Supported By Information Technology (Iss-It) Untuk Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar. Journal of Innovative Science Education 1.

Sudiyono, Anas. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Valiant Lukad Perdana. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi. 6(1): 111-120.

Taufiq, M. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Konservasi Berpendekatan Science-Edutainment. Jurnal pendidikan ipa indonesia. 3(2): 140-145.

Widoyoko, Putra Eko. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/.v6i2.1179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.

website statistics

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Bioeducation that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP