PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH MATERI SEL KELAS XI DI SMAS KEMALA BHAYANGKARI

Mia Audina, Anandita Eka Setiadi, Adi Pasah Kahar Mia Audina
Anandita Eka Setiadi
Adi Pasah Kahar

Abstract


Media pembelajaran yang digunakan di SMAS Kemala Bhayangkari pada materi sel menarik tetapi masih
tidak interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis flash
materi sel yang layak digunakan. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis flash ini
menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) model 4-D, yaitu tahap Define (Pendefinisian),
Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Pada tahap Disseminate
(Penyebaran) tidak dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan pada aspek materi sebesar 83,33%
(sangat valid), bahasa sebesar 85 % (sangat valid), dan aspek media sebesar 80,42 % (sangat valid).
Berdasarkan uji coba skala kecil dan uji coba skala besar, respon siswa dan respon guru terhadap media
pembelajaran interaktif berbasis flash baik, sehingga media dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Keefektifan media pembelajaran diperoleh berdasarkan nilai postest. Ketuntasan klasikal kelas 91,42%, yang
menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis flash materi sel dinyatakan efektif. Berdasarkan
hasil yang diperoleh, menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis flash layak digunakan
untuk siswa dalam pembelajaran biologi materi sel.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/.v6i2.1167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.

website statistics

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Bioeducation that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP