Pembelajaran Biologi Berbasis Media Audio Visual Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Sajingan Besar

Jumeliana Memel, Mahwar Qurbaniah Jumeliana Memel
Mahwar Qurbaniah

Abstract


Media pembelajaran yang efektif diperlukan untuk mengatasi  rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media audio visual pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Negeri 1 Sajingan Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Perlakuan di kelas eksperimen menggunakan media audio visual dan di kelas kontrol menggunakan LKS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran dan observasi langsung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Hasil peneitian menunjukan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 73,382 sedangkan kelas kontrol  adalah 61,470. Berdasarkan hasil uji U-Mann Whitney diperoleh Zhitung (32.500) > Ztabel (-6.732), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan media audio visual dan LKS .
Kata kunci: Media audio visual, hasil belajar, materi pencemaran lingkungan.


References


Arif. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Arikunto Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Faisal, Sanafiah dan Mulyadi Guntur Waseso. (1982). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Haryoko, Sapto. (2015). Efektivitas Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi@Elektro Vol. 5, No. 1, hlm. 1-10.

Majid, Abdul. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muttaqien, Fajar. (2017). Penggunaan Media Audio-Visual dan Aktivitas Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Vocabulary Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X (Quasy Experiment: SMAN 8 Garut). Jurnal Wawasan Ilmiah .Volume 8 Nomor 1.

Ratnawulan, Elis & Rusdiana. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Purwono, Joni. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Disekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.2, hal 127-144. ISSN: 2354-6441.

Saleh, dkk. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII SMP Negeri 2 Bulukumba. Jurnal Sainsmat, Vol.IV, No.1. Halaman 7-13, ISSN 2086-6755.

Sayidiman. (2012). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Merangsang Minat Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Seni Tari. Jurnal Publikasi Pendidikan, Volume II No. 1.

Subana & Sudrajat. (2001). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhana, Cucu. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Sumanto. (2014). Teori Dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta: CAPS.

Suprijono, Agus. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wahyuningsih, Maria, & Goretti, Sri. (2014). Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus di SMPN 3 Bawen). Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.2, No.1, hal 79-92, ISSN: 2354-6441.

Widodo,Wahono, dkk. (2016). IPA Untuk Kelas VII Semester II. Jakarta: Kemdikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/bio.v6i1.1135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.

website statistics

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Bioeducation that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP