PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUKAN FACEBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

Hanna Nadira, Billyardi Ramdhan Hanna Nadira
Billyardi Ramdhan

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengaruh  Model pembelajaran Advance Organizer berbantukan Facebook Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Pemanasan Global.” bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Advance Organizer berbantukan Facebook terhadap hasil belajar kognitif siswa. Metode yang digunakan adalah quasi Eksperimen dengan desain penelitian yaitu non equivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIID di SMPN 7 Kota Sukabumi tahun ajaran 2016/2017. Data yang diperoleh menggunakan tes (pilihan ganda) dan instrumen non tes (angket dan lembar observasi). Hasil analisis penelitian menunjukan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 35 dan kelas kontrol sebesar 39.5, sementara nilai posttest kelas eksperimen sebesar 77.2 dan kelas kontrol sebesar 68. Pengaruh model pembelajaran Model Advance Organizer berbantukan Facebook dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol yaitu (N-Gain sebesar 0.63 “sedang” > 0.43 “sedang”). Perhitungan uji statistika beda rata-rata terhadap hasil N-Gain menunjukan nilai thitung > ttabel yaitu = 4,39  > 2,0009  maka  H0 ditolak dan H1 diterima. Respon siswa terhadap model pembelajaran model Advance Organizer berbantukan Facebook menunjukan respon positif. Aktivitas siswa menunjukkan sangat baik. Simpulan akhir penelitian menunjukan model pembelajaran  Advance Organizer berbantukan Facebook berpangaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa dibandingkan model pembelajaran konvensional.

Kata kunci : Advance Organizer, Facebook, hasil belajar kognitif siswa, Pemanasan global.


References


Amelia, dkk. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Dengan Menggunakan Peta Konsep Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X di SMA Negeri 7 Palu . Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), Vol. 4. Tersedia di http://jurnal.untad.ac.id/jurnal.[Juni 2017]

Anisa, Tuti. (2015). Pengaruh Pengunaan E-Learning Berbasis Facebook Sebagai Media Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa.[Online]. Tersedia : http/TUTI%20ANISA-FITK.pdf.[13 Desember 2016]

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dahar. Ratna Willis. (1996). Teori-Teori Belajar. Erlangga: Jakarta.

Daryanto dan Tasrial. (2012). Konsep Pembelajaran Kreatif. Gavamedia: Yogyakarta

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan :Rineka Cipta.

Emir. (2007). Metodologi penelitian pendidikan. Rajagrafindo Persada : Jakarta

Fitria, Rizca. (2013). Pemanfaatan Jejaring Sosial Facebok Sebagai Media Pembelajaran. Jakarta: UNJ.

Fitirini, Farida. (2016), Peningkatan Kemampuan Menulis Dengan Model Pembelajaran Advance Organizer Pada Siswa Kelas Xi Bahasa Sman 7 Mataram. Jurnal Paedagogy Volume 3. Tersedia di http://fip.ikipmataram.ac.id/. [April 2017]

Handayani, Fitri. (2014). Pengaruh Pembelajaran Berbantukan Media Online Facebook Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Sistem Imunitas.Skripsi. UMMI. Tidak diterbitkan.

Harits, Ma’sum. (2015). Respon Siswa Terhadap Penggunaan Facebook Sebagai Media Pembelajaran Matematika .Skripsi Pada Fkip Ums Surakarta: Diterbitkan.

Hendra. (2015). Facebook sebagai Media E-laerning. [Online]. Tersedia : http://hendrainside.tumblr.com/post [1 desember 2016]

Joyce, B, Weil , M, Chalhoun, E. (2016). Model Of Teaching (Model-Model Pengajaran Edisi Kesembilan Diterjemahkan Oleh Riayanati Kusmini). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kadir. (2014). Motif Remaja Terhadap Penggunaan Situs Jejaring Facebook (Siswa Smk Negeri 7 Samarinda). eJournal Ilmu Komunikasi.[Online] Tersedia di http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id [Juni, 2017]

Khotimah, dkk. (2015). Pemanfaatan Aplikasi Jejaring Sosial Facebook Untuk Media Pembelajaran. [Online]. Tersedia: http://eprints.umk.ac.id. [Maret 2017]

Kosiyah, (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.Jurnal penelitian. http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

.

Lukitasari, dkk. (2015). Penggunaan Jejaring Sosial (Facebook) Sebagai Sarana Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, Volume. 4.

Mariati, (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri I Percut Sei Tuan. Medan : Universitas Negeri Medan

Mellawaty. (2016). Pengaruh Model Advance Organizer Dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Kemampuan Strategic Competence Matematis Siswa Smp. ). Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika [Online], Vol 1, 6 halaman. Tersedia:http://ejournal.unwir.ac.id/.[April 2017]

Munadi, dkk. (2014). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Menggunakan Modul Di Smkn 2 Sumbawa. Jurnal Pendidikan Vokasi. Tersedia di http://journal.uny.ac.id/.[Juni 2017]

Nurfauziah, Siska. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer berbantukan Peta Konsep terhadap Hasil Belajar dan Retensi Siswa. Skripsi pada FKIP UMMI Sukabumi: tidak diterbitkan.

Nurgana, Endi. (1993). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Permadi Bandung.

Novika, Icha. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantukan Komputer terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Cahaya Di Kelas VIII SMP Negeri 29 Medan. Medan: Unimed.

Palisoa, Napsin. (2007). Strategi Advanced Organizer dalam pembelajaran kimia. Diakses dari http://www.edel.edu/chem/napasin/finalrpt.html.

Rahayu, Sri. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Advance Organizer Untuk Meningkatkan Aktivits dan Hasil Belajar Siswa. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rahmatulloh, Arif. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Share (TPS) berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Sirkulasi Mansia. Skripsi pada FKIP UMMI Sukabumi: tidak diterbitkan.

Ramdhani, Muhammad. (2016). Pengaruh Sosial Media (Facebook) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Singaperbangsa (Unsika) Karawang. Jurnal Politikom Indonesiana, Volume 1.

Rusman. (2013) . Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Alfabeta: Bandung.

Rusman. (2014) . Model- Model Pembelajaran . Raja Gravinndo Persada. Jakarta.

Rustaman. (2005). Perkembangan Penelitian Pembelajaran Berbasis Inkuiri Dalam Pembelajaran Sains. Makalah pada Seminar Nasional II Himpunan Ikatan Sarjana Pendidikan IPA Indonesia, Bandung.

Sarah. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Scaffolding dengan Metode Peer Tutoring terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Ekosistem. Skripsi pada FKIP UMMI Sukabumi: tidak diterbitkan.

Shabania, Nuri. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Protista. .[Online]. Tersedia : http//NURI%20SHABANIA-FITK.pdf.[13 Desember 2016]

Septiani, Selvi. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X Pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Skripsi.FKIP UMMI. Tidak diterbitkan.

Simanjuntak, dkk (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Sma Negeri 1 Percut Sei TuaN. Jurnal INPAFI, 01 (03). pp. 311-318. ISSN 2337-4624

Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitaf kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sukarya. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran TPS Berbantuka Facebook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran. Skripsi FKIP UMMI. Tidak diterbitkan.

Supartono, Dkk. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Advance Organizer Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 4, 2010, 497-505.

Supratiknya, A. (2012). Penialian Hasil Belajar dengan Teknik Nontes. Yogyakarta : Universitas Sanata Darma

Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Wahono dkk. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.—Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wilujeng, Insih dan Edi Istiyono. (2003). Model Advanced Organizer sebagai upaya peningkatan kualitas PBM fisika dasar di UNY. Yogyakarta: Lembaga penelitian UNY.

Yanuar, Rizki. (2016). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Socioscientific Issues (SSI) Pada Model Problem Solving Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pemanasan Global. Skripsi pada FKIP UMMI Sukabumi: tidak diterbitkan




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/bio.v5i2.1074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.

website statistics

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Bioeducation that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP