STUDI KOMPARASI ROUND CLUB DAN TAI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI PADA MATERI KINGDOM ANIMALIA DI KELAS X SMA NEGERI 1 SUNGAI KAKAP

Sri Astuti, Nuri Dewi Muldayanti Sri Astuti
Nuri Dewi Muldayanti

Abstract


Hasil belajar siswa kelas X di SMA N 1 Kakap pada mata pelajaran biologi masih dibawah KKM (<75), khususnya pada materi kingdom animalia dengan persentase ketuntasan 38,10%, sehingga dengan membandingkan dua model dapat ditentukan model yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar dan retensi. Tujuan penelitian ini yaitu  untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, retensi  dan model pembelajaran yang paling efektif  menggunakan model Round club dan TAI menggunakan media Audio visual pada siswa kelas X SMA N 1 Sungai Kakap. Bentuk penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Kelas XA sebagai kelas Round club dan kelas XC sebagai kelas TAI. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran. Hasil perhitungan nilai postest  terdapat perbedaan hasil belajar di Kelas Round club sebesar 78,37 dan kelas TAI sebesar 70,67 dan terdapat perbedaan retensi di kelas Round club sebesar 84,72 dan kelas TAI 67,56 Sedangkan model pembelajaran yang paling efektif adalah Round club sebesar 0,71. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar, retensi dan model pembelajaran yang paling efektif adalah siswa yang menggunakan model Round club lebih tinggi dari pada hasil belajar, retensi dan model pembelajaran menggunakan model TAI.

Kata kunci: hasil belajar, kingdom animalia, retensi, RC, TAI


References


Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Psikologi Pendidikan Edisi II. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah dan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hartati Risa dan Sholihin Hayat. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Terpadu Siswa SMP. Jurnal Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains. (SNIPS 2015). ISBN: 978-602-19655-8-0.

Nur’aini, Siti (2009). Efektivitas Pembelajaran PAI dengan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Retensi Siswa SKKD Shalat Siswa Kelas VIII Semester Ganjil di SMP Negeri 16 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009. Walisongo. Semarang.

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik (terjemahan Narulita Yusron). Bandung: Nusa Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/bio.v5i2.1073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.

website statistics

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Bioeducation that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP