METODE PEMBELAJARAN THE POWER OF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI MTs RAUDLATUL FIRDAUS KUBU RAYA

Kartika Dewi, Mahwar Qurbaniah Kartika Dewi
Mahwar Qurbaniah

Abstract


Metode pembelajaran yang digunakan guru masih belum dapat meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan nilai rata-rata ulangan harian tahun 2015/2016 dengan KKM 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa  kelas VIII antara yang diajarkan dengan metode The Power of Two dengan metode konvensional  pada materi sistem pencernaan manusia, besarnya pengaruh penggunaan metode The Power of Two dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Raudlatul Firdaus Kubu Raya pada materi sistem pencernaan manusia dan mengetahui efektifitas metode The Power of Two berdasarkan hasil belajar siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling purposive dengan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan pengukuran. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil uji U Mann-Whitney data gain menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan Effect Size, metode The Power of Two menggunakan memberikan pengaruh terhadap persentase peningkatanhasil belajar sebesar 79.40%. Hal ini menunjukkan metode The Power of Two lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional dan memberikan pengaruh tinggi terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia.

Kata Kunci : hasil belajar, The Power of Two,  sistem pencernaan manusia.


References


Ali, Jumalia dkk. (2012). Strategi Pembelajaran Aktif The Power Of Two dan Kemampuan Komunikasi Matematika. Pendidikan Matematika Vol 1 No 1

Alsa, Asmadi. 2011. Pengaruh Metode Belajar Team Assited Individualization Terhadap Prestasi Belajar Statistika Pada Mahasiswa Psikologi. Jurnal Psikologi. Volume 38, No. 1, Juni 2011: 82 – 91

Amri, Sofan dan Iif Khoirul Ahmadi. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam Kelas. Jakarta : PT. Prestasi Pustakarya.

Arifin, Zaenal. (2013). Evaluasi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Cepi, Riyana dan Susiliana Rudi. (2009). Media Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.

Cohen, J. 1998. Statistical Power Analysis for the Behavior Sciences (2nd ed). Hillsdale, NJ :Lawrence Earlbaum Associates.

Dahar, Ratna Wilis. (2006). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Eka, Putra Aryawan dkk. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran The Power Of Two Berbantuan Media Belajar Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurusan PGSD Vol 2 No 1

Hamdayama, Jumanta. (2014). Model-Model Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta : Piustaka Belajar.

Irdinansyah, M dkk. (2014). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power Of Two Disertai Kuis Dalam Pembelajaran Biologi. Pendidikan MIPA Vol 1 No 1

Jihad, Asep dan Abdul Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Karim. Saeful,dkk. (2008). Belajar IPA Membuka Cakrawala Dan Alam Sekitar. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sadiman, Arief S. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. (2008). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung : Penerbit Nusa Media.

Sundayana, Rostina. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung : CV ALFABETA

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/bio.v5i2.1072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.

website statistics

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Bioeducation that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP