PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM MATERI AJAR MIKROBIOLOGI

Nadya Treesna Wulansari, I Putu Gede Sutrisna Nadya Treesna Wulansari
I Putu Gede Sutrisna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar materi ajar Mikrobiologi pada mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan pre-post non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Tingkat I Semester II Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bali Tahun 2018. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas A sebagai kelas dengan penerapan model Flipped Classroom dan kelas C sebagai kelas dengan model konvensional dengan jumlah 131 mahasiswa. Pengambilan sampel penelitian berdasarkan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh, kemudian dianalisa dengan menggunakan Paired Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan, rata-rata hasil belajar kognitif pre test dan post test mahasiswa dengan penerapan model Flipped Classroom masing-masing sebesar 55,22 dan 81,07. Sedangkan pada kelas konvensional rata-rata hasil belajar pada pre test dan post test berturut-turut sebesar 52,40 dan 69,40. Penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa keperawatan dalam materi ajar Mikrobiologi (p < 0,05). Model pembelajaran Flipped Classroom pada materi ajar Mikrobiologi selain mempengaruhi hasil belajar kognitif mahasiswa, model ini menjadikan mahasiswa menjadi aktif, mempengaruhi keterampilan dan motivasi belajar serta berpendapat sesuai dengan evidence based.

 

Kata Kunci : Flipped Classroom, Hasil Belajar, Kognitif, Mikrobiologi


References


Ahmed, H.O.K. 2016. Flipped Learning As A New Educational Paradigm: An Analytical Critical Study. European Scientific Journal. Vol.12 (10) : 417-444.

Asiksoy, G., Ozdamli, F. 2016. Flipped Classroom adapted to the ARCS Model of Motivation and applied to a Physics Course. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. Vol. 12 (6) : 1589-1603.

Damayanti, H. N. , Sutama. 2016. Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Sikap Dan Ketrampilan Belajar Matematika Di SMK. Jurnal Managemen Pendidikan. Vol. 11 (2) : 2-8.

Hamden, N., McKnight, P.E., McKnight, K., & Arfstrom, K. 2013. A review of flipped learning. Flipped Learning Network. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Retrieved June 8, 2018, from: URL::http://www.flippedlearning.org/ cms/lib07/VA01923112/Centricity/Domain/41/LitReview_FlippedLearning.pdf

Moore, C. 2015. Students’ Attitudes, Perceptions, and Engagement within a Flipped classroom model as Related to Learning Mathematics. Journal of Studies in Education. Vo. 5 (3) : 286-308.

Ridha, M., Setyosari, P., Kuswandi, D. 2016. Pengaruh Flipped Mastery Classrom Terhadap Perolehan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol. 1 (4) : 655-661.

Rindaningsih, I. 2018. Efektifitas Model Flipped Classroom dalam Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Prodi S1 PGMI UMSIDA. Proceedings of The ICECRS. Vol. 1 (3) : 1-60.

Sinaga, K. 2017. Penerapan Flipped Classroom Pada Mata Kuliah Kimia Dasar Untuk Meningkatkan Self-Regulated Learning Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol. 11 (2) : 1932 – 1944.

Suyahya, I. 2014. Efektifitas Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Flipped Classrom dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Software Pesona Edu Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMP Jakarta. Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian (SNHP-IV) Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang : 186-192.

Warpala, I.W. S. 2007. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dalam Setting Kooperatif STAD terhadap Kterampilan Berpikir pada Pembelajaran SD. Laporan Penelitian. Singaraja: Undiksha.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/bio.v5i2.1034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.

website statistics

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Bioeducation that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP