Analisis Tingkat Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Akhir Semester Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Mts. Raudlatul Firdaus

. NURFITRI, Nuri Dewi Muldayanti . NURFITRI
Nuri Dewi Muldayanti

Abstract


Hasil wawancara dengan guru IPA di MTs Raudlatul Firdaus mengindikasikan bahwa siswa mengalami kecemasan saat menghadapi ujian akhir semester, terutama pada mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Oleh karena itu dilakukan penelitian mengenai analisis tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian akhir semester pada mata pelajaran IPA Kelas VIII MTs. Raudhlatul Firdaus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui faktor penyebab kecemasan siswa dalam menghadapi ujian akhir semester pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII Mts. Raudlatul Firdaus. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 56 siswa, 42 siswa mengalami kecemasan ringan dan 14 siswa mengalami kecemasan sedang, dan faktor penyebab tingkat kecemasan siswa yaitu tingkat kesulitan materi, kurangnya kepercayaan diri, tuntutan orang tua, persepsi siswa tentang mata pelajaran IPA yang dianggap sulit dan waktu yang terbatas. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa tingkat kecemasan siswa menghadapi ujian akhir semester berada pada tingkat kecemasan ringan dan faktor penyebab tingkat kecemasan siswa yaitu persepsi siswa tentang mata pelajaran IPA yang dianggap sulit dan waktu yang terbatas.

Kata kunci: kecemasan siswa,mata pelajaran IPA, UAS

 


References


Agustiar, W, dan Yuli, A. (2010). Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Dan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri “X” jakarta. Jurnal Psikologi. 8 (1): 9-13

Darma, Yudi. (2011). Analisis Data Statistik: Bahan Ajar. Pontianak: STKIP- PGRI Pontianak

Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamilton, M. (1959). The Assesment of Anxiety States By Rating. British Journal of Medical Psychology.32: 50-55

Hawari, D. (2008). Manajemen Stres Cemas dan Depresi. Jakarta : Balai Penerbit FKUI.

Hurlock. (1997). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Jihad & Haris. (2013). Menjadi Guru Profesional, Strategi Meningkatkan Kualifikasi Guru di Era Global. Jakarta : Erlangga.

Nawangsari, N.A.F. (2010). Pengaruh Self-Efficacy dan Expectancy-Value terhadap Kecemasan Menghadapi Pelajaran Matematika. Jurnal Psikologi Pendidikan: 3 (2): 75-88

Nevid, S., Rathus, S., & Greene, B. (2005). Psikologi abnormal. Edisi. kelima Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Neil, A. Campbell & Janne, B. Reece. (2002). Biologi Edisi Kelima Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Safaria. (2009). Manajemen Emosi: Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif Dalam Hidup Anda. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Stuard dan sundeen. 2006. Keperawatan Jiwa. Edisi Ketiga. Jakarta: EGC.

Suliswati, dkk. (2005), Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta : EGC

Tresna, I Gede. (2011). Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Desensitisasi Sistematis Untuk Mereduksi Kecemasan Menghadapi Ujian. Jurnal Studi Eksperimen. 1 (1): 90-104. ISSN: 1412-565X.

Walasary, Dundu, & Kaunang. (2015). Tingkat Kecemasan Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 5 Ambon Dalam Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal e-Clinic(eCl). 3 (1): 510-515




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/1000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.

website statistics

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Bioeducation that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP