PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X IPA SMA NEGERI 1 SUNGAI RAYA

Abdullah Yamani Noor, Fitriani Fitriani, Dedeh Kurniasih Abdullah Yamani Noor
Fitriani Fitriani
Dedeh Kurniasih

Sari


This study was motivated by the learning sources used by students in Basic Laws of Chemistry that combines Concepts and Chemical Calculations completed by using Multiple Representations aspect. This study aimed to develop a valid, practical, and effective of student’s worksheet based on Multiple Representation for Basic Laws of Chemistry Class at the tenth Grade Natural Sciences of SMA Negeri 1 Sungai Raya. Using a Research and Development (R & D) of Borg and Gall model and One-shot case study design, the sample was selected by employing purposive sampling. The study indicated that student’s worksheet based on Multiple Representation was valid by 97,36% for material experts and 89,59% for media experts. Student’s worksheet was considered practical and received a positive response with an average practicality value of 95,58% for teacher responses and 88,64% for students responses. Additionally, student’s worksheet was effective, as the students successfully and classically completed the material by 79,68%. Therefore, student’s worksheet based on Multiple Representation is suitable as an alternative learning sources for the tenth grade Natural Sciences students.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. 5 (1) : 1-14.

Centaury, B. (2015). Pengembangan Perangkat Pembalajaran Fisikan Berbasis Inkuiri pada Materi Alat Optik dan Indikator Dampak Terhadap Kompetensi Siswa Kelas X SMA. Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains. 1 (2) : 80-91.

Herawati, F. R. (2013). Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi Ditinjau dari Kemampuan Belajar Laju Reaksi Siswa SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2 (2) : 38-43.

Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Nurpratami, H. (2015). Pengembangan Bahan Ajar pada Materi Laju Reaksi Berorientasi Multipel Representasi Kimia. Prosiding. Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains.

Purboningsih, D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Guided Discovery pada Materi Barisan dan Deret untuk Siswa SMK Kelas X. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY. Yogyakarta.

Purnamasari, P., An’nur, S., & Salam, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Melalui Model Pembelajaran REACT pada Materi Elastisitas. Jurnal Pendidikan Fisika. 4 (3) : 209-221.

Rahmadi, F. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Berorientasi pada Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 10 (2) : 137-145.

Sugiarti. (2015). Model Pembelajaran Kimia Kontekstual Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kejujuran Akademik Siswa SMP. Jurnal of Educational Science and Technology. 1 (1) : 75-87.

Sunyono., Yuanita, L., & Ibrahim, M. (2013). Keterkaitan Model Mental Mahasiswa dengan Penguasaan Konsep Stoikiometri Sebelum dan Sesudah Pembelajaran dengan Model SiMaYang. Seminar Nasional Pendidikan Sains. Surabaya.

Susanto, H., Suyatno., & Madlazim. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Multiple Representasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada PokokBahasan Reaksi Reduksi Oksidasi di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Sains. 4 (2) : 572-578.

Sutamiati, K., Sunyono, & Efkar, T. (2015). LKS Berbasis Multipel Representasi Menggunakan Model SimaYang pada Materi Larutan Asam Basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 4 (1) : 275-286.

Wasonowati, R. R. T., Redjeki, T., & Ariani, S. R. D. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Hukum-Hukum Dasar Kimia Ditinjau dari Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014.Jurnal Pendidikan Kimia. 3 (3) : 66-75.

Wicaksono, D. P., Kusmayadi, T. A., Usodo, B. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegences) pada Materi Balok dan Kubus untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2 (5) : 534-549.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/ar-r.v7i1.1380

Article Metrics

Sari views : 0| PDF views : 0

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Ar-Razi Jurnal Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

PKP