pengembangan media robolit untuk mendukung pembelajaran pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit

syf yulanda ferdiani syf yulanda ferdiani

Sari


Perkembangan teknologi yang semakin masif mengharuskan setiap manusia untuk bijak dalam menerapkan teknologi tersebut dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk di bidang pendidikan. Penerapan teknologi dalam bidang pendidikan dapat diwujudkan pada media pembelajaran. Penerapan teknologi berupa robot di dalam media pembelajaran kimia dapat diwujudkan melalui robot elektrolit (robolit). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan respon guru terhadap media robolit (robot uji elektrolit). Bentuk penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi menjadi ADD yaitu Analysis, Design, dan Development. Subjek penelitian ini adalah media robolit. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar penilaian kelayakan media dan materi. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan media dan materi memperoleh persentase sebesar 100% dengan kategori sangat layak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media robolit pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran ditinjau dari aspek media dan materi.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29406/ar-r.v8i2.2221

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##