Peer Review Process

Al-Khidmah merupakan jurnal blind-review yang diterbitkan secara periodik 2 (dua) kali dalam satu tahun (Agustus dan Desember). jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Al-Khidmah menerima naskah secara nasional yang mencakup banyak masalah atau masalah umum yang terkait dengan layanan masyarakat. Tujuan publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarkan pemikiran konseptual atau gagasan dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang pelayanan masyarakat.

Al-Khidmah ini, berisi tentang kegiatan pengabdian masyarakat dengan berbagai potensi, hambatan, tantangan, dan permasalahan yang ada di masyarakat. Pelaksanaan kegiatan pengabdian juga melibatkan partisipasi masyarakat dan mitra kerja. Kegiatan pengabdian diorganisir menjadi kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Silahkan baca panduan penulisan naskah. Penulis yang ingin menyerahkan naskah mereka ke redaksi Al-Khidmah harus mematuhi pedoman penulisan (template). Jika manuskrip yang diajukan tidak sesuai dengan pedoman atau ditulis dalam format yang berbeda, maka naskah tersebut akan DIPERBAIKI oleh para editor sebelum ditinjau lebih lanjut. Para editor hanya akan menerima manuskrip yang memenuhi format yang ditetapkan.

Publikasi artikel dalam jurnal blind-review adalah merupakan bagian penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Publikasi merupakan suatu pencerminan langsung atas kualitas hasil karya penulis dan institusi yang menaunginya. Artikel dari hasil blind-review mendukung dan mewujudkan pendekatan ilmiah. Oleh karena itu, diperlukan suatu standar perilaku etika bagi semua pihak yang terlibat dalam publikasi: editor jurnal, reviewer, dan penulis.

Proses Review Artikel

Penulis dapat melihat proses review artikel mulai dari penyerahan hingga siap untuk diterbitkan. Berikut petunjuk untuk melihat proses review penulis.

Donwload Panduan Proses Review Artikel (PDF)