Kontrol Sosial Tokoh Masyarakat (Ustadz) Dalam Mengatasi Penyimpangan Perilaku Remaja di Desa Limbung Kecamatan Sungai Raya Kubu Raya

muhammad alias muhammad alias

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tokoh masyarakat khususnya ustadz dalam memberikan kontrol terhadap penyimpangan perilaku yang dilakukan para remaja, untuk mengenal jenis-jenis penyimpangan remaja dan untuk mengetahui factor-faktor dari kejahatan remaja di Desa Limbung Kecamatan Sungai Raya, Kubu Raya pada tahun 2012. Hasil penelitian ditemukan bahwa kebanyakan kenakalan remaja di sana adalah merokok, judi, billiar, dan pergaulan bebas. Dan faktor-faktor dari penyebab kenakalan mereka sendiri adalah keluarganya yang kurang harmonis, kurang komunikatif, kurang teladanan dari kedua orang tua atau keluarga lainnya. Tidak ada filter pada setiap penyimpangan remaja dalam mengakses media.

Dalam mengendalikan penyimpangan yang dilakukan remaja, Ustadz menggunakan pendekatan preventif dengan memberikan penyuluhan, nasihat agama para remaja, baik secara langsung maupun tidak langsung dan penyuluhan tersebut diadakan sekali seminggu atau setiap ada kesempatan lainnya. Pendekatan represif dilakukan dengan cara memberi teguran, sanksi terhadap pelaku tidak dilaksanakan. Begitu juga dalam pendekatan kuratif tidak pernah dilakukan oleh ustadz.

Kata kunci : kanakalan remaja, kontrol sosial.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/.v1i1.233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.