KAJIAN ANALISIS EFISIENSI TURBIN DAN GENERATOR SIMULATOR PEMBANGKIT LISTRIK PIKOHIDRO DI LABORATORIUM KONVERSI ENERGI

Fulgensius odi, warto , Fulgensius odi
warto ,

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghitung efisiensi turbin, efisiensi generator dan pemilihan jenis turbin yang sesuai pada Simulator Pembangkit Listrik Pikohidro Di Laboratorium Konversi EnergiĀ  Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Pontianak. Dalam penelitian ini, dilakukan perhitungan analisis efisiensi turbin dan generator dari data pengukuran debit, tekanan, putaran turbin, massa putaran turbin, torsi, tegangan keluar generator dan arus keluar generator dengan lima variasi frekuensi kecepatan putaran pompa yaitu 15 Hz, 20 Hz, 25 Hz, 30 Hz dan 35 Hz. Dari hasil penelitian, didapatkan nilai efisiensi maksimal turbin sebesar 53,06% dengan daya keluar turbin 1.345 Watt dan efisiensi maksimal generator sebesar 7,1 % dengan daya keluar generator 96,8 Watt. Dari data tersebut menunjukan bahwa efisiensi turbin dan generator masih sangat jauh dari efisiensi teoritis.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Kadir, 1982, Pembangkit Tenaga Listrik. UI Press, Jakarta.

Zuhal. 1991. Dasar Tenaga Listrik dan Elektronika Daya. ITB, Bandung.

Utu Ardana, Lie Jasa. 2008. Pemanfaatan Piko Hidro Untuk Mempercepat Pertumbuhan ikan air deras di dusun pagi desa senganan kecamatan penebel kabupaten tabanan Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Udayana, Bukit Jimbaran, Badung .

Prayoga Gama. Studi Potensi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro Head Rendah Di Sungai Cisangkuy Kabupaten Bandung (Kajian Teknis). Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Fulgensius Odi. 2016. Simulator Pembangkit Listrik Tenaga Pikohidro Untuk Modul Praktikum di Laboratorium Konversi Energi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Pirman Jamali. 2014. Studi Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro Berbantuan Program Turbnpro Di Desa Sinar Pekayau Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas , Tanjungpura, Pontianak.

Pengertian Pembangkit Tenaga Air diakses tanggal 30 april 2018

(bonkadhafatli.bloksfot.com>teknologi)

Nugroho, Hunggul Y.S.H dan M. Kudeng Sallata. 2015. PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro). Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/stek.v11i1.1943

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Suara Teknik : Jurnal Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License