ANALISA SISTEM KINERJA BOOSTER PUMP DI SEPAKAT 2 A. YANI CABANG PDAM TIRTA KHATULISTIWA, JALAN IMAM BONJOL, PONTIANAK SELATAN, KOTA PONTIANAK, KALIMANTAN BARAT

Fuazen Fuazen, Urai Iqbal, Eko Sarwono Fuazen Fuazen
Urai Iqbal
Eko Sarwono

Sari


Pompa Booster merupakan mesin yang akan meningkatkan cairan tekanan, Disebut Booster pump karena berfungsi sebagai pompa pendorong atau meningkatkan tekanan. Pada penelitian ini di lakukan guna menunjang tercapainya tujuan penelitian adalah dengan survey lapangan dan wawancara langsung. survey dilakukan untuk mengetahui bagaimana system kinerja booster pump dan kerugian tekanan dari pipa induk sampai dengan Bosster Pump yang berada di Jl. Sepakat 2 A. Yani untuk sampai ke perumahan penduduk. Analisa selanjutnya meliputi antara lain : Analisa data yang daimbil, untuk mengetahui kerugian tekanan air dari pipa. Teknik analisa yang digunakan adalah analisis pengumpulan data yang diperoleh, kemudian dijelaskan dalam bentuk kalimat dan grafik sederhana yang mudah di pahami oleh pembaca. Dari hasil analisa di dapatkan kerugian tekanan yang sebelumnya 3,0 bar setelah di analisa mendapatkan kerugian tekanan sebesar 1,88 bar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Wahyudi, Ilham. 2013. Analisa Perancangan Pompa Guna Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih PDAM Kota Probolinggo. Jember: Universitas Jember Fakultas Teknik.

Alkonusa, Aouthor. 2016. Pengertian Pompa Sentrifugal dan Prinsip Kerjanya.

Data Teknis PDAM Tirta Khatulistiwa Pontianak.

Tahara, Haruo., dan Sularso. 2000. Pompa dan Kompresor. Jakarta: PT. Pradaya Paramita.

Triatmodjo, Dr. Ir. Bambang, 1992 / 1993, Mekanika Fluida, Pusat Antar Universitas Ilmu Teknik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/stek.v10i2.1547

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Suara Teknik : Jurnal Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License