Peran Perangkat Desa Dalam Optimalisasi Potensi Lokal di Desa Tawangsari Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali

Hadis Turmudi, Mursid Mursid Hadis Turmudi
Mursid Mursid

Abstract


Pembangunan desa dan kawasan perdesaan saat ini tumbuh dan berkembang, yang ditandai dengan semakin berkurangnya desa miskin dan tertinggal. Hal tersebut tidak lepas dari adanya peran perangkat desa dalam memaksimalkan setiap potensi lokal yang ada di wilayah perdesaan. Desa-desa yang ada di Indonesia dengan segenap karakteristik dan keanekaragamannya memiliki potensi lokal bagi pembangunan desa untuk dapat di optimalkan. Hadirnya UU No 6 Th 2014 tentang desa membawa dampak yang sangat positif, terlebih dengan adanya pasal yang mengatur perihal perangkat desa. Tugas, sarat pengangkatan, larangan dan kewajiban perangkat desa di atur secara khusus pada bagian ke lima pasal 48 s.d 53 peraturan perundangan ini. Obyek penelitian di fokuskan terhadap perangkat desa di Desa Tawangsari Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali. Sedangkan tujuan daripada penelitian ini adalah menganalisa peran perangkat desa dalam mengoptimalkan potensi lokal yang ada di desa tersebut, dengan mempergunakan metode penelitian kualitatif – nondoktrinal. Dari hasil penelitian di dapatkan suatu kesimpulan bahwa perangkat desa di Desa Tawangsari Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali mampu berperan dalam mengoptimalkan segenap potensi lokal yang ada di wilayah tersebut sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hal ini karena adanya dorongan dan motivasi yang kuat dari Kepala Desa sebagai Pimpinan di desa tersebut.

 


Keywords


Perangkat desa, Potensi lokal, Pembangunan desa.

References


Absori, 2013, POLITIK HUKUM MENUJU HUKUM PROGRESIF, Muhammadiyah University Press, Surakarta.

Adi, Rianto , 2010, Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum, Penerbit Granit Edisi ketiga, Jakarta.

Dimyati,Khudzaifah 2004, TEORISASI HUKUM:Studi Tentang Perkembangan Pemikiran Hukum di Indonesia 1945-1990, Muhammadiyah University Press, Surakarta.

Fajar, Mukti dan Yulianto Achmad,2010, Dualisme Penelitian Hukum Normatif dan Hukum Empiris, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Salim HS, Erlies Septiana Nurbani, 2016, Penerapan Teori Hukum pada Penelitian Tesis dan Disertasi, RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Turmudi,Hadis, 2019, Jati Diri Penggawa Desa, PT Aksara Solopos, Surakarta.

Turmudi,Hadis, 2020, Teknologi Informasi di Pedesaan, Penerbit Deepublish, Yogyakarta.

Wignjosoebroto, Soetandyo, 2009, Ragam-Ragam Penelitian Hukum, dalam Metode Penelitian Hukum Konstelasi dan Refleksi, Editor: Sulistyawati Irianto & Sidharta, Yayasan Pustaka Obor Edisi Pertama, Jakarta.

Endah, Kiki, 2020, “Pemberdayaan Masyarakat : Menggali Potensi Lokal Desa”,Jurnal Moderat, Vol 6 No 1, 1 februari 2020.

Setiawan, Rony Ika, 2016, “Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Pariwisata: Perspektif Potensi Wisata Daerah Berkembang”, Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 1 No. 1 (2016).

Zakiyah, Ummi, et al, 2017, “Strategi Pengelolaan Sumber Daya Alam Desa Ponggok”, Jurnal Ilmu Pemerintahan, Vol 2, No. 2, Oktober 2017.

Turmudi, Hadis, 2017, Desa dan Otonomi Asli (Studi Tentang Struktur Perangkat Desa menuju terciptanya desa yang Berotonomi Asli), Tesis, Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta Ilmu Hukum, Surakarta.

Turmudi, Hadis, “Potensi Lokal dan Kemandirian Desa”, Solopos, 11 agustus 2017.

Turmudi, Hadis,“Menuju Masa Depan Desa”, Solopos, 30 uni 2020

Peraturan Desa Tawangsari No. 4 tahun 2020 tentang Susunan Organisasi Dan Tata Kerja Pemerintah Desa Tawangsari

Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 No 123)

UU No.6 tahun 2014 Tentang Desa (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 7).




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/rj.v3i2.2308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Res Judicata