PEREMPUAN DAN PELAKSANAAN PERLINDUNGANNYA DI INDONESIA

Fransiska Novita Eleanora, Clara Ignatia Tobing Fransiska Novita Eleanora
Clara Ignatia Tobing

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perlindungan terhadap perempuan di Indonesia beserta pelaksanaannya baik dalam bidang sosial budaya, juga lingkungan, hukum, dalam perkawinan dan kekeluargaan dalam bidang politik, dan terpenuhinya akan hak-haknya dan tidak adanya tindakan diskriminasi ataupun adanya kesetaraan gender sehingga seringkali perempuan mengalami tindakan kekerasan baik itu secara fisik, juga psikis, seksual dan ekonomi atau penelantaran dari rumah tangga. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dimana mengkaji dari teori-teori, asas-asas, serta literatur dan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Hasilnya adalah pelaksanaan akan perlindungan perempuan di Indonesia belum sepenuhnya memberikan perlindungan dan pemenuhan akan keberadaan hak perempuan dan masih terdapat pelanggaran dalam pelaksanaannya.


Keywords


; perempuan, perlindungan, pelaksanaan

References


Ahdiah Indah, (2013), Peran-Peran Perempuan dalam Masyarakat, Jurnal Academica Fisip UNTAD, Vol. 5 (2)

Anggun Lestari Suryamizon, (2017), Perlindungan Hukum Preventif Terhadap Keerasan Perempuan dan Anak Dalam Perspektif Hukum Hak Asasi Mansuia, Marwah, Jurnal Perempuan, Agama dan Jender, Vol. 16 (2)

Aswandi Bobi, Roisah Kholis (2019), Negara Hukum dan Demokrasi Pancasila Dalam Kaitannya dengan Hak Asasi Manusia (HAM), Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, Vol. 1 (1)

Muladi, (2005), Hak Asasi Manusia, Hakekat, Konsep dan Implikasinya dalam Perspektif Hukum dan Masyarakat, Refika Aditama, Bandung

Putra, Muhammad A. (2015), Eksistensi Lembaga Negara Dalam Penegakan Hak Asasi Manusia di Indonesia, Jurnal Fait Justitia, Jurnal Ilmu Hukum, Vol. 9, (3)

Rini, Nicken Sarwo (2018), Analisis Implementasi Prinsip Non-Diskriminasi Dalam Peraturan Daerah di Bidang Pendidikan dan Kesehatan, Jurnal HAM, Vol. 9, (1)

Syafaat, Rahmad, (2000), Buruh Perempuan, Perlindungan Hukum dan Hak-Hak Azasi Manusia. Penerbit UM.Press Malang

Umriana Anila, Moh. Fauzi, Hasyim Hasanah (2016), Penguatan Hak Asasi Perempuan dan Kesetaraan Gender Melalui Dialog Warga, Jurnal SAWWA, 12 (1)

https://www.komnasperempuan.go.id/read-news-siaran-pers-dan-lembar-fakta-komnas-perempuan-catatan-tahunan-kekerasan-terhadap-perempuan-2020, diakses 27 Juni 2020, Jam, 19.20 wib

http://p2ptm.kemkes.go.id/uploads/2016/10/Pedoman-Pengendalian-Kekerasan-dalam-Rumah-Tangga.pdf, diakese 07 Juli 2020, Jam; 18.27 wib

Undang-Undang Dasar 1945

Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT)

Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang

Undang-Undang Nomor 44 tahun 2008 tentang Pornografi




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/rj.v3i2.2178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Res Judicata