KOMBINASI PENYUNTIKAN HORMON HCG DAN OVAPRIM TERHADAP OVULASI DAN DAYA TETAS TELUR IKAN TENGADAK (Barbonymus schwanenfeldii)

Friska Novitasari, Eka Indah Raharjo, Farida . Friska Novitasari
Eka Indah Raharjo
Farida .

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis penyuntikan HCG dan Ovaprim  terhadap ovulasi dan daya tetas telur tertinggi  pada ikan tengadak sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah sebagai sumber informasi baru untuk  pembudidayaan ikan khususnya ikan tengadak. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) menurut Hanafiah (2012), yang terdiri dari 4 perlakuan dan 3 ulangan. Susunan perlakuan adalah Perlakuan A : HCG 0 IU/kg+ovaprim 0,5 ml/kg(kontrol), Perlakuan B : HCG 350 IU/kg+ovaprim 0,5ml/kg C : HCG 450 IU/kg+ovaprim 0,5ml/kg D : HCG 550 UI/kg+ovaprim0,5ml/kg. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan HCG 550 IU/kg+ovaprim 0,5ml/kg mampu mempersingkat waktu pemijahan 7,43jam dan daya tetas telur sebesar 88%.

 

Kata Kunci : HCG dan Ovaprim, Ikan Tengadak, Ovulasi, Daya tetas.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29406/rya.v3i1.479

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Ruaya that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License website statistics