PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN BANDOTAN (Ageratum Conyzoides L) DENGAN DOSIS YANG BERBEDA SEBAGAI ANESTESI DALAM TRANSPORTASI CALON INDUK IKAN BANDENG (Chanos-Chanos Forskal)

darol mukminin, . rachimi, eko prasetio

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan Pemberian Ekstrak Daun Bandotan untuk memberikan Dosis yang berbeda pada calon induk ikan bandeng. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di Desa Sebangkau yang ditransportasi kan ke pontianak. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan metode 4 perlakuan dan 3 ulangan dengan dosis ekstrak daun bandotan antara lain adalah perlakuan A (kontrol), B (3 ml/L), C (4 ml/L), D (5 ml/L). Parameter pengamatan yang dilakukan adalah Tingkah laku ikan bandeng, masa induksi, masa sedatif, perubahan bobot tubuh ikan, kelangsungan hidup (SR) dantanĀ  kualitas air. Hasil dari pengamatan menunjukkan bahwa ekstrak daun bandotan pada konsentrasi 3 ml/l dapat meningkatkan kelangsungan hidup ikan bandeng yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan daun bandton dapat memberi dosis berbeda dan mengandung metabolite sekunder pada ikan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Carrasco F, Sumano H, dan Navarro-Fierro R. 1984. The Use of Lidocaine-Sodium Bicarbonate as Anaesthetic in Fish. Aquaculture, 41:395-398.

Clucal, EJ. And A.R. Ward (1996). Fisheries Development : A Guide to Handling Preservation, Processing and Quality. Natural Resources Institutes. United Kingdom.

Dayat, M. dan Sitanggang. 2004. Budi Daya Koi Blitar. Penerbit PT Agro Media Pustaka. Depok. Hal: 63-68.

Hariyanto, S. E. Pranata, F. S. dan Aida, Y. 2008. Pemanfaatan Daun Kecubung (Datura metal L.) Sebagai Pembiusan Ikan Mas Koi (Cyprinus carpio L.) pada Saat Pengangkutan. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Irianto, A. 2005. Patologi Ikan Teleostei. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Jhingran VG dan Pullin RS. 1985. A Hatchery Manual for Common Chinese and Indian Mayor Carps.Asian Development Bank. International Center forLiving Aquatic Resource Management.

Kurniawan, A. 2012. Trasportasi Ikan Hidup. Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi. Universitas Bangka Belitung.Bangka Belitung.

Paulo CFC, Pedro HSK, Elaine A, Correia S and Bernardo B. 2009. Transport of Jundia Rhamdia Quelen Juveniles at Different Loading Densities: Water Quality and Blood Parameters. Journal. Neotropical Ichthyologi. 7 (2) : 283-288.

Praseno, O. 1990. Cara Pengiriman atau Trasportasi Ikan dalam Keadaan Hidup dalam Maakalah yag di Sajikan pada Acara Pertemuan Aplikasi Paket Teknologi (Temu Tugas) Balai Penelitian dan pengembangan, tanggal 29-31 Oktober 1990. Balai Penelitian Perikananair Tawar. Bogor.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.