PERSENTASE PEMANFAATAN LUMPUR KOLAM LELE,AMPAS TAHU DAN DEDAK PADI DALAM MEDIA KULTUR UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI CACING SUTERA (Tubifek sp.)

Eka Indah Raharjo, Zahir Islami, . farida

Sari


Penelitian ini bertujuan mengetahui berapa persentase pemanfaatan lumpur kolam lele, ampas tahu dan dedak padi dalam media kultur untuk meningkatkan produksi cacing sutera. Rancangan percobaan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan yang dilakukan terdiri dari empat perlakuan yaitu A (Lumpur Kolam Lele 100%), B (Lumpur kolam lele 50%, Ampas Tahu 35% dan Dedak Padi 15%), C (Lumpur kolam lele 50%, Ampas Tahu 25% dan Dedak Padi 25%), D (Lumpur kolam lele 50%, Ampas Tahu 15% dan Dedak Padi 35%) dengan sebanyak tiga kali. Analisis statistic menggunakan ANAVA (Analysis of Varians) dan untuk mengetahui perbedaan antara perlakuan satu dengan perlakuan yang lainnya dilakukan Uji Lanjutan yaitu uji jarak berganda Duncan multiple range test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perlakuan B menghasilkan pertumbuhan cacing sutera dengan tinggi di bandingkan dengan perlakuan lainnya yaitu sebesar 12,33±2,52gram, untuk perlakuan A yaitu 4,33±1,15 gram, perlakuan C 8,33±0,58gram, dan pelakuan D 6,67±0,58 gram.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adlan, M. A. 2014. Pertumbuhan Biomassa Cacing Sutra (Tubifex sp.) pada Media Kombinasi Pupuk Kotoran Ayam dan Ampas Tahu. [Skripsi]. Fakultas Peternakan.Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. (Abstrak). 1 hlm.

Chumadi dan Suprapto. 1986. Pengaruh Berbagai Takaran Pupuk Kotoran Ayam Terhadap Perkembangan Populasi Tubifex sp. Balai Penelitian Perikanan Air Tawar. Depok, Bogor.

Djarijah A S. 1996. Pakan Ikan Alami. Yogyakarta: Kanisius.

Fajri, Suminto dan Hutabarat. 2014. Pengaruh penambahan kotoran ayam, ampas tahu dan tepung tapioka dalam media kultur terhadap biomassa, populasi dan kandungan nutrisi cacing sutera (Tubifex sp.). Volume ( 3 no 4) 101-108 Hlm.

Findy, S. 2011. Pengaruh Tingkat Pemberian Kotoran Sapi terhadap Pertumbuhan Biomassa Cacing Sutra (Tubificidae). [Skripsi]. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor. 33 hlm.

Febrianti, D. 2004. Pengaruh Pemupukan Harian Dengan Kotoran Ayam Terhadap Pertumbuhan Populasi Dan Biomassa Cacing Sutera. Institut Pertanian Bogor.

Gomez, K.A., and Gomez, A.A. 1984. Statical Procedures for Agricultural reseach. 2nd ed. An IRRI book, A Wiley-intersci. Publ. Singapure: Jhon Wiley & Sons.

Gusrina. 2008. Budidaya Ikan Jilid 2. Direktorat Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Departemen Pendidikan Nasional.

Hadiroseyani Y., Nurjanah dan D. Wahjuningrum. 2007. Kelimpahan Bakteri dalam Budidaya Cacing Limnodrilus sp. yang Dipupuk Kotoran Ayam Hasil Fermentasi. J. Akuakultur Indonesia 6(1): 79-87.

Haetami, Abun dan Y. Mulyani. 2008. Studi Pembuatan ProbiotikBAS (Bacillus licheniformis, Aspergillus niger dan Sacharomices cereviseae) sebagai Feed Suplement Implikasinya terhadap Pertumbuhan Ikan Nila Merah. [Lap. Pen. No. 013/SP2H/PP/DP2M/III/2008]. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Padjajaran, 53 hlm.

Hanafiah, K. A. 2000. Rancangan Percobaan Teori dan Aplikasi. PT. Raja Grapindo Persada. Jakarta.

Hanafiah, K. A. 2012. Rancangan Percobaan Aplikatif. PT. Raja Grapindo Persada. Jakarta.

Hardiningsih, R., R. N. R. Napitupulu dan T. Yulinery. 2006. Isolasi dan Uji Resistensi Beberapa Isolat Lactobacillus pada pH Rendah. J. Biodiversitas. Volume 7, No. 1 : 15 – 17.

Herliwati. 2012. Variasi Dosis Pupuk Kotoran Ayam pada Budidaya Cacing Rambut (Tubifex sp.). J. Fish Scientiae. 2 (4) : 124-130.

Hermawan, 2001. Kandungan Dan Komposisi Dasar Tanah. Ilmu Tanah. Fakultas Pertanian. Institusi Pertanian Bogor. Bogor

Khairuman, Amri K, dan Sihombing T. 2008. Peluang Usaha Budidaya Cacing Sutra. Jakarta: PT Agromedia Pustak

Muria, E. S., E. D. Masithah dan S. Mubarak. 2012. Pengaruh Penggunaan Media dengan Rasio C:N yang Berbeda terhadap Pertumbuhan Tubifex. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Airlangga. (Abstrak). 1 hlm.

Murni, R., Suparjo, Akmal, dan B. L. Ginting. 2008. Buku Ajar Teknologi Pemanfaatan Limbah Untuk Pakan. Laboratorium Makanan Ternak. Fakultas Peternakan. Universitas Jambi. Jambi

Priyambodo, K dan Wahyuningsih, T. 2001. Budidaya Pakan Alami untuk Ikan. PT Penebar Swadaya, Jakarta.

Pursetyo, K. T., W. H. Satyantini dan A. S. Mubarak. 2011. Pengaruh Pemupukan Ulang Kotoran Ayam Kering terhadap Populasi Cacing Tubifex tubifex. J. Perikanan dan Kelautan. 3 (2) :177-182.

Soetomo M., 1996. Teknik Budidaya Ikan Lele Dumbo. Sinar Baru Algesindo, Bandung.

Sudjana, 1991. Desain dan Analisis Eksperimen, Edisi III, Tarsito Bandung.

Suharyadi. 2012. Studi Penumbuhan dan Produksi Cacing sutera (Tubifex sp.) dengan Pupuk yang Berbeda dalam Sistem Resirkulasi. Universitas Terbuka.

Supriyono, Eddy. Perbandingan jumlah bak budidaya cacing sutra (tubificidae) dengan memanfaatkan limbah budidaya ikan lele (clarias sp) sistem intensif terhadap kualitas air ikan lele dan produksi cacing sutra. DEPIK, [S.l.], v. 4, n. 1, apr. 2015.

Syam F. S, G. M. Novia dan S. N. Kusumastuti. 2011. Efektivitas Pemupukan dengan Kotoran Ayam dalam Upaya Peningkatan Pertumbuhan Populasi dan Biomassa Cacing Sutera Limnodrilus sp. melalui Pemupukan Harian dan Hasil Fermentasi. Fakultas Perikanan. Institut Pertanian Bogor, Bogor, 8 hlm.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.