PROFIL PERSEPSI SISWA KELAS XII SMAN 6 KOTA PONTIANAK TERHADAP MATA PELAJARAN BIOLOGI

Adi Pasah Kahar

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi siswa kelas XII terhadap mata pelajaran biologi. Penelitian menggunakan metode studi kasus dengan subjek penelitian kelas XII dan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu 46 siswa di kelas XII A dan B di SMAN 6 Kota Pontianak. Data persepsi siswa bersumber dari lembar kuisioner. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan triangulasi pada sumber data penelitian. Kesimpulan hasil penelitian bahwa persepsi siswa terhadap mata pelajaran terkait dengan hobi/kegemaran/ekskul, profil guru dan cara mengajarnya mempengaruhi persepsi siswa terhadap mata pelajaran biologi, dan solusi dan ekspetasi yang dimiliki oleh siswa mempengaruhi cara belajar biologi.


Kata Kunci


persepsi, biologi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Valle, J.D., Dunn R., Geisert, G., Sinatra, R., dan Zenhausern, R. (1986). The Effects of Matching and Mismatching Students Mobility Preferences on Recognition and Memory Tasks. Journal of Educational Research. 79(5): 267–272.

Depdiknas. (2006). Silabus KTSP Biologi 2006. Tersedia : http://www.dikmenum.go.id/e-learning/pustaka/kd-biologi-sma.doc. Diakses pada 11 Oktober 2017.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hughes, J.N. dan Chen, Q. (2011). Reciprocal Effects Of Student–Teacher And Student-Peer Relatedness: Effects On Academic Self Efficacy. Journal of Applied Developmental Psychology. 32(5): 278–287.

Maeda, J.K. dan Randall, L.M. (2003). Can Academic Success Come From Five Minutes Of Physical Activity. Brock Education. 13(1): 14–22.

Norlander, T., Moas, L., dan Archer, T. (2005). Noise and Stress in Primary and Secondary School Children: Noise Reduction and Increased Concentration Ability through A Short but Regular Exercise and Relaxation Program. Journal School Effectiveness and School Improvement. 16(1): 91–99.

Rimm-Kauffman, S. dan Sandilos, L. (2012). Improving Students' Relationships with Teachers to Provide Essential Supports for Learning. Tersedia: http://www.apa.org/education/k12/relationships.aspx?item=5 . Diakses pada 11 Oktober 2017.

Rustaman, N.Y. (2011). Pendidikan dan Penelitian Sains dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi untuk Pembangunan Karakter. Makalah Utama pada Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi UNS. Tersedia: http://sembio.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2011/07/Pendidikan-dan-Penelitian-Sains-HOT1.pdf. Diakses pada 12 November 2017.

Santrock, J.W. (2007). Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta : Prenada Media Group.

Zimmerman, B.J. (1990). Self Regulated Learning and Academic Achievement:An Overview. Educational Psychologist. 25(1): 3-17.




DOI: http://dx.doi.org/10.2940/pena2018.71.1091

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN (PRINT)   2089-3027

ISSN (ONLINE)  2541-2264

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UM PONTIANAK