ANALISIS KORELASI SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMPN 3 SUNGAI KAKAP

. Khairawati, Hanum Mukti Rahayu, Anandita Eka Setiadi . Khairawati
Hanum Mukti Rahayu
Anandita Eka Setiadi

Sari


Sikap ilmiah merupakan perilaku individu dalam memecahkan suatu masalah dengan langkah-langkah ilmiah. Sikap ilmiah menghasilkan pengetahuan dan keterampilan. Prestasi belajar merupakan penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan melalui mata pelajaran, ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap ilmiah siswa, prestasi belajar siswa dan korelasi sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumenter nilai ulangan harian siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Sungai Kakap. Sikap ilmiah yang diteliti yaitu sikap rasa ingin tahu, disiplin, tanggung jawab, teliti, kerjasama, jujur dan kepedulian. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata sikap ilmiah 69,98% pada kategori cukup. Sikap ilmiah pada kategori terendah terdapat pada indikator rasa ingin tahu dengan rata-rata 55,95%, sikap ilmiah tertinggi terdapat pada indikator tanggung jawab dengan rata-rata 89,28%, dan sikap ilmiah pada kategori cukup terdapat pada indikator sikap teliti, kerjasama, jujur dan kepedulian. Sedangkan prestasi belajar rata-rata 70 dengan persentase ketuntasan 57,14%. Hasil korelasi berhubungan sangat kuat dengan r = 0,92. Disimpulkan terdapat hubungan antara sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa.


Kata Kunci


Sikap ilmiah, prestasi belajar, korelasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dewi, W. K.,. Agung, Gede,& Rati, Wyn. 2014. Hubungan Sikap Ilmiah Dan Motivasi Berprestasi Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD. 2(1): 1-10.

Ekan, N.W., Partadjaja, T.R., & Renda, N.T. 2013. Kontribusi Sikap Ilmiah Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Banyuasri Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesa.

Fauziah Yuslim, Nursal, & Ici Septifiranta. 2013. Analisis Sikap Ilmiah Mahasiswa BiologiPada Pelaksanaan Perkuliahan Ekologi TumbuhanTahun Akademis 2012/2013. Jurnal Biogenesis. 10(1): 11-23.

Maretasari, E., Subali, B. & Hartono. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Unnes Pendidikan Fisika. 1(2): 27-31.

Singgih Tego Saputro & Pardiman. 2012. Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 10(1): 78-97.

Sihombing Chintani. 2016. Hubungan Keterampilan Metakognitif Dan Sikap Ilmiah Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xi Sman Se-Kabupaten Tapanuli Utara. Jurnal Ilmiah Dunia Ilmu. 2 (1). 96-107.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukaesih Sri. 2011. Analisis Sikap Ilmiah Dan Tanggapan MahasiswaTerhadap Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Praktikum. Jurnal Penelitian Pendidikan. 28(1): 77-85.

Suwondo, Elya Febrita & Ade Suryana. 2013. Analisis Aktivitas Dan Sikap Ilmiah Mahasiswa Dengan Model Pengajaran Langsung Berbasis Inkuiri Pada Mata Kuliah Sistematika Invertebrata. Jurnal Biogenesis. 10(1): 1-10.

Trimaulani Zidni Khasna. 2015. Faktor-Faktor Yang Membentuk Sikap Ingin Tahu Siswa Kelas Iv Sdn Pujokusuman 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan: 1-11

Tursinawati. 2013. Analisis Kemunculan Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran IPA Di SD Kota Banda Aceh. Jurnal Pioner. 1(1): 67-84.

Wahyudi. 2011. Analisis Kontribusi Sikap Ilmiah, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika STKIP PGRI Pontianak. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. 1(2): 20-31.




DOI: http://dx.doi.org/10.2940/pena2018.71.1090

Article Metrics

Sari views : 0| PDF views : 0

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN (PRINT)   2089-3027

ISSN (ONLINE)  2541-2264

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UM PONTIANAK