PENGARUH PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

. Supiawati, Rizmahardian Ashari Kurniawan, Tuti Kurniati . Supiawati
Rizmahardian Ashari Kurniawan
Tuti Kurniati

Sari


Sikap ilmiah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan dan besarnya pengaruh metode praktikum berbasis inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimental dengan rancangan nonequivalent control group design untuk mengetahui hasil belajar siswa dan one-shot case study untuk observasi sikap ilmiah siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, teknik pengukuran, dan teknik komunikasi langsung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi, catatan lapangan, tes hasil belajar, dan pedoman wawancara. Berdasarkan analisis data menggunakan uji non-parametrik U-Mann Whitney menunjukan terdapat perbedaan sikap ilmiah yaitu 0,00 < 0,05 dan hasil belajar yaitu 0,00 < 0,05. Hal ini menunjukan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol. Effect size yang diperoleh untuk sikap ilmiah dan hasil belajar siswa adalah 2,47 dan 1,99 yang termasuk dalam kriteria tinggi. Pembelajaran menggunakan metode praktikum berbasis inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap sikap ilmiah siswa sebesar 99,32% dan hasil belajar siswa sebesar 97,67%.


Kata Kunci


Hidrolisis Garam, Praktikum, Inkuiri Terbimbing, Sikap Ilmiah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dewi, I.G.A.W.K., Agung, A.A.G, dan Rati, N.W. (2014). Hubungan Sikap Ilmiah Dan Motivasi Berprestasi Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sd Di Gugus Ii Laksamana Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2013/2014. MIMB

Astawa, I.M.W., Sadia, I.W., dan Suastra, I.W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Sikap Ilmiah dan Konsep Diri Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA 5 (1): 1-10.

Wardani, D.K. (2012). Analisis Penerapan Metode Praktikum Pada Pembelajaran Kimia Materi Pokok Hidrolisis Garam Kelas XI Di MAN 1 Semarang 2012-2013. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

Mawarsari, A.A. (2013). Penerapan Metode Eksperimen Berpendekatan Inkuiri Pada Materi Larutan Penyangga Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Sikap Ilmiah Siswa. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Meli, S.B., Kurnia, dan Yayan, S. (2013). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Melalui Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia. 1 (1): 69-75.

Wulandari, A.D., Kurnia, dan Sunarya, Y. (2013). Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia. 1 (1): 18-26.




DOI: http://dx.doi.org/10.2940/pena2018.71.1088

Article Metrics

Sari views : 0| PDF views : 0

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN (PRINT)   2089-3027

ISSN (ONLINE)  2541-2264

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UM PONTIANAK