EXPERIENTIAL LEARNING MELALUI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT DI SKB KOTA PONTIANAK (Studi Pada Ibu-Ibu Rumah Susun, Peserta PKM Wilayah Jeruju Pontianak Barat)

Iin Maulina, Sutrisno Sutrisno

Sari


Pembelajaran Experiential Learning melalui Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat di SKB Kota Pontianak (studi pada ibu-ibu peserta PKM di wilayah Jeruju, Pontianak Barat) adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui gambaran, proses, dan hasil dari kegiatan pembelajaran tersebut. Penelitian  ini menekankan pada pendekatan pembelajaran, yaitu Experiential Learning. Peneliti meneliti proses pembelajaran Experiential Learning berdasarkan tahap-tahap yang sesuai dengan pendapat Dean (1993), yang meliputi: (1) Planning (perencanaan); (2) Involvement (keterlibatan); (3) Internalization (keterhubungan); (4) Reflection (refleksi); (5) Generalization (kesimpulan umum); (6) Application (penerapan); (7)  Follow up (menetapkan standard/ acuan). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan dua jenis sumber data, yaitu: (1) Data primer yang diperoleh langsung dari wawancara dengan ibu-ibu peserta PKM/PKuM; (2) Data sekunder diperoleh dari Ketua Penyelenggara PKM/PKuM dan dokumen atau data pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Experiential  Learning melalui Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat di SKB Kota Pontianak (studi pada ibu-ibu rusun peserta PKM di wilayah Jeruju, Pontianak Barat) yang dinilai dari gambaran kegiatan PKM/PKuM, proses pembelajaran Experiential Learning dan hasil yang dicapai setelah kegiatan berlangsung dinyatakan “baik”.

Kata Kunci: Experiential Learning, PKM/PKuM.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.2940/pena2016.61.219

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN (PRINT)   2089-3027

ISSN (ONLINE)  2541-2264

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UM PONTIANAK