PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUSINESS ENGLISH BERBASISKAN PENDEKATAN MULTIMODALITY DAN AUTHENTIC MATERIALS

Ryani Yulian, Yuniarti Yuniarti Ryani Yulian
Yuniarti Yuniarti

Abstract


Proses pembelajaran tidak terlepas dari peran serta bahan ajar sebagai media. Oleh karena itu, bahan ajar memiliki peran penting untuk mencapai kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran. Mahasiswa semester dua Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak, mengambil mata kuliah Business English sebagai English for Specific Purposes dimana mereka diharapkan mampu memiliki kompetensi Bahasa Inggris transaksional dibidang ekonomi. Untuk mencapai kompetensi ini, dibutuhkan bahan ajar yang relevan, adaptif dan otentik sehingga mahasiswa dapat memiliki kompetensi Bahasa Inggris yang baik. Pengembangan bahan ajar mata kuliah Business English ini dinilai sangat penting karena Bahasa Inggris merupakan Bahasa yang digunakan dalam komunikasi internasional. Oleh karena itu, penelitian ini telah mengembangkan bahan ajar berbasiskan pendekatan multimodality dan authentic materials. Pengembangkan bahan ajar ini dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan mahasiswa, karakteristik, dan kemampuannya. Diharapkan dengan ketersediaan bahan ajar mata kuliah Business English, mahasiswa dapat meningkatkan kompetensi Bahasa Inggrisnya yang berguna bagi dunia kerja masa depan.

Keywords


pengembangan; bahan ajar;, multimodality; authentic materials; Business English.

Full Text:

PDF

References


Backcock, Richard D., Bertha Du-Babcock. (2001). Language-based communication zones in international business communication. Journal of Business Communication 38, 372–412.

Brown, H. D. (2007). Principles of language learning and teaching (5th ed.). White Plains, NY: Pearson Education.

Creswell, J.C. (2012). Education Research, Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th edition. Boston: Pearson.

Dick Walter, Carey Lou dan Carey James. (2001). The Systematic Design of Instruction. Addison-Wesley Educational Publishers. New York.

Dick Walter, Carey Lou, dan Carey James. (2009). The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson.

Ianiro, S. (2007). CALPRO Professional Development Fact Sheet-1: Authentic Materials. Diunduh dari http://www.calpro-online.org/documents/factsheetauthentic materials.pdf.

Kress, G. (2000). Multimodality: Challenges to thinking about language. TESOL Quarterly, 34, 337–340.

Mayer, R. (2005). Introduction to multimedia learning. In R. Mayer (Ed.), Cambridge handbook of multimedia learning (pp. 1-16). New York: Cambridge University Press. Mirhassani

Nation, I. S. P. (2009). Teaching ESL/EFL Reading and Writing. New York: Routledge.

Peacock, M. (1997). The effects of authentic materials on the motivation of EFL learners. ELT Journal, 51(2), 144-156.

Plastina, Anna Franca. (2013). Multimodality in English for specific purposes: Reconceptualizing meaning-making practices. BIBLID 2340-8561, p. 372-396.

Richard, J.C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Richards, J.C. (2002). Curriculum Development in Language Teaching. USA: Cambridge.

Rost, M. (2002). Teaching and Researching Listening. London: Longman Pearson Education.

Ruschoff, B. & Ritter, M. (2001). Technology-enhanced language learning: Construction of knowledge and template-based learning in the foreign language classroom. CALL Journal, 14(3-4), 219-232.

Segers, E., Verhoeven, L., & Hulstijn-Hendrikse, N. (2008). Cognitive processes in children's multimedia text learning. Appl. Cognit. Psychol., 22(2), 375–387. Doi: 10.1002/acp.1413.

Songhori, M.H. (2007). Introduction to Needs Analysis. English for Specific Purposes World, Issue 4, 2008. Online peer-reviewed Journal for Teachers. Diunduh pada November 27, 2017.

Tomlinson, B. (1998). Materials Development in Language Teaching. Second Edition. Cambridge University Press.

Verhoeven, L., & Perfetti, C. (2008). Advances in text comprehension: model, process and development. Appl. Cognit. Psychol., 22(5), 293–301. Doi: 10.1002/acp.1417

Widodo, H., P. (2007). Designing a model of Business English materials using a communicative approach (CA). BAHASA DAN SENI, Tahun 35, Nomor 1, Februari 2007, pp. 88-93

Widdowson, H.G. (1990). Aspects of Language Teaching. London: Oxford University.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpk.v8i2.1870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Pena Kreatif : Jurnal pendidikan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License