KORELASI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPA DI MTS SIRATUL JANNAH KUBU RAYA

Khairul Mubarak, Arif Didik Kurniawan, Hanum Mukti Rahayu Khairul Mubarak
Arif Didik Kurniawan
Hanum Mukti Rahayu

Abstract


Hasil wawancara guru dan siswa di Mts Siratul Jannah diketahui terdapat permasalahan mengenai kemandirian belajar siswa, hal ini ditunjukan dengan masih ada sebagian siswa yang kurang memiliki kemandirian belajar. Siswa tidak mau berusaha mengerjakan soal sendiri, siswa juga jarang memanfaatkan buku paket yang ada untuk mencari sumber dalam membantu pemahaman mereka. Ketika guru menjelaskan di depan kelas, masih ada siswa yang tidak mendengarkan. Beberapa siswa terlihat mencontek tugas temannya, hal ini terlihat dari hasil jawaban yang sama persis dari beberapa siswa, dan ketika ditanya atau di tes ulang, siswa tersebut tidak dapat menjelaskan jawabannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi antara kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar IPA di MTS Siratul Jannah Kubu Raya. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu 28 siswa kelas VII Mts Siratul Jannah Kubu Raya. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan kemunikasi tidak langsung. Hasil penelitian menunjukan nilai klasikal kemandirian belajar yang menggunakan sampel 28 orang siswa persentase yang diperoleh sebesar 10,72% dalam tingkatan sangat kuat dan 89,28% dengan tingkatan kuat. Nilai klasikal hasil belajar memperoleh 21,42% dalam kategori tuntas dan 78,58% dengan kategori tidak tuntas. Hasil uji normalitas data diketahui berdistribusi normal dengan sigma  0,05 yaitu 0,010 . hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh nilai korelasi (r) sebesar 0,683 dan jika dikonsultasikan pada klasifikasi besar kecilnya hubungan, maka hubungan diantara keduanya tergolong pada kategori kuat. Nilai signifikan sebesar 0,00. Dari hasil yang diperoleh dari uji korelasi maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar IPA.

Keywords


Korelasi, Kemandirian Belajar Siswa, dan Hasil Belajar IPA

References


Ahmadi. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Edisi Revisi. Jakarta: Raneka Cipta.

Arikunto. 2011. Metodologi Penelitian. Jurnal Edisi Khusus (1). ISSN:1412-565X

Haryati. 2009.Hasil Belajar. Bandung: JICA

Nisfiannoor. 2009. Kemandirian Belajar. Jakarta: Kencana Media Group.

Purwati. 2010. Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Reneka Cipta.

Riduan. 2011. Metodologi Penelitian. Edisi Revisi. Jakarta: Raneka Cipta.

Rosyidah, 2009. Pengertian Belajar dan Pembelajaran. Kencana Media Group.

Senjaya. 2006. Pengetian Belajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sudjana, 2009. Kemandirian Belajar. Edisi Revisi. Jakarta: Raneka Cipta.

Suharsimi. 2009. Pengertian Belajar dan Pembelajaran. PT Remaja Rosda Karya.

Sunarsih. 2011.Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabet

Sobri, 2008. Kemandirian Belajar. Jakarta: Kencana Media Group.

Tahar. 2006. Kemandirian Belajar. Penelitian Dosen Pemula Ponti.

Wasty. 2012. Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: FIP UNY




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpk.v9i1.1862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Pena Kreatif : Jurnal pendidikan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License