ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN KELAS VII SMP NEGERI 14 PONTIANAK

Yosep Subrata, Arif Didik Kurniawan, Mahwar Qurbaniah Yosep Subrata
Arif Didik Kurniawan
Mahwar Qurbaniah

Abstract


Kemampuan siswa dalam memahami dan menguasai materi pelajaran nyatanya masih menjadi permasalahan. Siswa seringkali keliru dalam memahami konsep – konsep materi  yang disampaikan, terutama pada materi sel yang dianggap sulit bagi siswa. Hal ini menyebabkan terhambatnya proses pembelajaran siswa. Oleh karena itu, diperlukan suatu analisis terhadap permasalahan tersebut, agar tujuan pembelajaran bisa terpenuhi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis miskonsepsi siswa pada submateri sel. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan teknik Certainty Of Response Index (CRI).  Subjek penelitian adalah kelas VII C SMP Negeri 14 Pontianak tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 42 orang. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan teknik Purpose sampling. Wawancara dilakukan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa dan faktor penyebab miskonsepsi pada submateri sel. Hasil analisis data dengan CRI menunjukkan dari 42 orang siswa, 22,06% termasuk dalam kategori tahu konsep, 24,77% miskonsepsi, dan 53,17% tidak tahu konsep. Hasil wawancara menunjukkan kekeliruan siswa mengenai komponen kimiawi organik dan anorganik, struktur dan fungsi sel, serta macam-macam organel sel. Faktor penyebab miskonsepsi pada siswa adalah karakteristik materi sel seperti cakupan materi yang luas, dan pengetahuan yang berasal dari siswa, kemampuan dan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru, dan pemakaian buku teks yang kurang maksimal. Kesimpulannya terdapat siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 24,77%.

Keywords


Certainty Of Response Index (CRI); Miskonsepsi; Submateri Sel.

Full Text:

PDF

References


Adaminata, M. A dan Nyoman, M. Analisis Kesalahan Konsep Siswa SMA Pada Pokok Bahasa Kesetimbangan Kimia. Jurnal Universitas Bandung.

Amanatin Azizah. (2011). Pengembangan Multimedia Materi Stuktur dan Fungsi Sel untuk SMA. Skripsi pada Unuiversitas negeri Semarang.

Budiningsih, DR.C. Asri. (2005). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dewi Murni. (2013). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa pada Konsep Subtansi Genetika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Jurnal Universitas Lampung.

Hamalik, O. (2013). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Naila Rofi’ati. (2014) Penerapan Model Pencapaian Konsep Berbantuan Kartu bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel DI SMA. Jurnal pada FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Nunung dan Rasmin. (2014). IPA Biologi Berbasis Pendidikan Karakter Bangsa Untuk Kelas VIII. Jakarta: Depdiknas.

Rahayu, A. A. (2011). Penggunaan Peta Konsep Untuk Mengatasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Jaringan Tumbuhan. Skripsi pada Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Ria Mahardika. (2014) Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) dan Wawancara Diagnosis pada Konsep Sel. Skripsi pada Universitas Islam Negeri Syarif Hidatullah, Jakarta.

Siwi, D. A. P. (2013). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas VIII pada Konsep Sistem Pencernaan dan Pernapasan. Skripsi pada Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhnya. Renika Cipta : Jakarta.

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.

Tayubi, Y. R. (2005). Identifikasi Miskonsepsi pada Konsep- Konsep Fisika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Jurnal Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Vol (3): 5.

Widodo, S. P. (2012). Pengembangan Instrumen Evaluasi Miskonsepsi Fisika Mahasiswa dengan Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) Berbasis CAA (Computer Aided Assessment). Skripsi pada Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpk.v8i2.1785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Pena Kreatif : Jurnal pendidikan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License