PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI MTS AL-IHSAN PONTIANAK

Widiya Puji Astuti, Hanum Mukti Rahayu, Arif Didik Kurniawan Widiya Puji Astuti
Hanum Mukti Rahayu
Arif Didik Kurniawan

Abstract


Respon siswa terhadap pembelajaran masih rendah sehingga hasil belajar siswa pada materi ekosistem masih dibawah KKM (<70). Model pembelajaran yang tepat diperlukan agar hasil belajar siswa pada materi ekosistem sesuai dengan KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) terhadap hasil belajar dan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap rasa percaya diri. Metode menggunakan  Pre-Experimental  Design  dengan  rancangan  One  Group  Pretest  Posttes.  Teknik  sampling  yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis gain (g) hasil belajar mendapatkan pengaruh sebesar  0,56 dengan kriteria sedang dan hasil penelitian gain (g) Terhadap sikap percaya diri mendapatkan pengaruh sebesar 0,46 termasuk pada kriteria sedang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh terhadap hasil belajar dan sikap percaya diri.

Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT; Hasil Belajar; Rasa Percaya Diri; Ekosistem.

Full Text:

PDF

References


Buchori sahril. (2015). Efektivitas Bimbingan Karier untuk Peningkatan Core Work Skills Mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konsling. Vol 1. No 01. Hal 58-65.

Fatimah. E. (2010). Psikologi Perkembangan (Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia.

Majid Abdul. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Meltzer, D.E. (2002). “The Relatonahip Between Matematics Preparatoin and Conceptual Learning Gains In Physicn: A Prossible” Hidden Variable” In Diagnotic Pretest Scor”. American Journal Of Physics. Vol. 70. No. 12. Hal 1259-1268

.

Purnamasari. Y. (2011). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tgt Terhadap Penguasaan Konsep Pada Materi Pokok Dunia Kelas X SMA Arjuna Bandar Lampung. Universitas Lampung: Bandar Lampung.

Purwati Rayahu Septri. (2013). Mengatasi Masalah Kepercayaan Diri Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 2 Karangpucung Kabupaten Cilacap. Skripsi, Jurusan bimbingan dan konsseling, Falkultas Ilmu pendididkan: Universitas Negeri Semarang. Vol no hal 4.

Sadirman, A. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press. Yogyakarta. Warman Dewi. 2013. Hubungan Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Geografi Kelas XI IPS Di SMA N 1 Bayang Kabupaten Persisir Selatan. Pendidikan Geografi : Universitas Negri Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpk.v8i2.1784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Pena Kreatif : Jurnal pendidikan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License