ANALISIS KONSEPSI SISWA DENGAN THREE TIER TEST PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS VIII SMP NEGERI 10 PONTIANAK

Sri Dahlina, Ari Sunandar, Arif Didik Kurniawan Sri Dahlina
Ari Sunandar
Arif Didik Kurniawan

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa selalu diarahkan untuk bisa memahami materi pembelajaran dengan sebaik-baiknya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  konsepsi siswa dengan Three Tier Test  pada materi sistem ekskresi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas VIII E dengan jumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test diagnostik berupa Three Tier Test dan wawancara.  Alat pengumpulan data yang digunakan adalah Tes Diagnostik Pilihan Ganda Beralasan dan pedoman wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Pemahaman konsep siswa pada materi sistem ekskresi, yaitu  siswa termasuk ke dalam kategori memahami konsep (MK) sebanyak 58,14%. Siswa termasuk ke dalam kategori miskonsepsi (M) sebanyak 21,14%. Siswa termasuk ke dalam kategori lack of knowladgde (KP) sebanyak 15,21%  dan siswa termasuk ke dalam kategori eror (E) sebanyak 4,71%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Siswa lebih banyak memahami konsep pada indikator mendeskripsi ginjal, siswa lebih banyak mengalami miskonsepsi pada indikator proses pengeluaran keringat. Siswa lebih banyak mengalami lack of knowladge pada indikator fungsi kulit dan siswa lebih banyak eror  pada indikator zat warna empedu.

Keywords


Konsepsi siswa; Three Tier Test; materi sistem ekskresi.

Full Text:

PDF

References


Campbell,dkk. (2004). Biologi Edisi Ke Lima Jilid Ketiga. Jakarta : Erlangga

Dindar, A. C. (2011). Development Of Three-Tier Test To Assess High School Student Understanding Of Acids And Bases. Procedia Social And Behavioral Sciences , 600-604.

Herni Yuniarti Suhendi, I. K. (2014). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Profil Miskonsepsi Siswa Berdasarkan Hasil Diagnosis Menggunakan Pembelajaran Ecirr Berbantuan Simulasi Virtual Dengan Instrumen Three-Tier Test. Jurnal Prosiding Mathematics And Sciences Forum , 205-214.

Kaltacki, Derya& Didis, Nilufer. (2007). Identification of Pre-Service Physics Teachers’ Misconceptions on Gravity Concept: AStudy with a 3Tier Misconception Test.

Kutluay, Y. (2005). Diagnosis Of Eleventh Grade Students’ Misconceptions About Geometric Optic By A Three-Tier Test. Middle East Technical University: Secondary Science And Mathematics Education.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpk.v8i2.1783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Pena Kreatif : Jurnal pendidikan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License