ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA BERDASARKAN WAKTU PEMBELAJARAN PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI KELAS XI IPA MAS AL-MUSTAQIM SUNGAI RAYA

Sari Asparina, Mahwar Qurbaniah, Nuri Dewi Muldayanti Sari Asparina
Mahwar Qurbaniah
Nuri Dewi Muldayanti

Abstract


Aktivitas belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya dipengaruhi oleh waktu pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan suatu analisis terhadap masalah tersebut agar tujuan dari pembelajaran bisa terpenuhi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas belajar siswa di jam pagi dan jam siang pada materi struktur dan fungsi sel di kelas XI IPA MAS Al-Mustaqim Sungai Raya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAS AL-Mustaqim Sungai Raya tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 28  orang. Teknik penumpulan data yang digunakan berupa teknik analisis data yang menggunakan lembar observasi dan wawancara kepada guru biologi dan siswa kelas XI IPA MAS Al-Mustaqim Sungai Raya.  Hasil penelitian Aktivitas belajar siswa di kelas XI IPA MAS Al-Mustaqim Sungai Raya pada materi struktur dan fungsi sel pada jam pagi memperoleh persentase sebesar 75% dan termasuk dalam kategori aktif, sedangkan pada jam siang pembelajaran diperoleh persentase sebesar 43 % dan termasuk ke dalam kategori kurang aktif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa di jam pagi lebih aktif dibandingkan aktivitas belajar di jam siang.

Keywords


Aktivitas Belajar; Waktu Pembelajaran; Materi Struktur dan Fungsi Sel.

Full Text:

PDF

References


Asep Jihad dan Abdul Haris, 2009. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Press

Aunurrahman, 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ewin, H. 2013. Pemanfaatan Media Gambar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dalam Pembelajran IPA. Jurnal Pendidikan. 2(9): 1-15.

Hoirina. 2014. Analisis Aktivitas Belajar Biologi Siswa Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas VII SMP Negeri 3 Rambah Sawo Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Biologi. 2(3): 12-20.

Lestari Indah. 2011. Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 3(1): 51-58.

Seniwati. 2012. Peningkatan Aktivitas, Sikap dan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Nalar Pendidikan. 3(1): 317.

Slameto, 2010. Aktivitas Belajar Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.

Subekti. 2014. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Multi Tressindo.

Sulistyarini, D. 2010. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas V SDN Sawojajar Kota Malang. Jurnal Pendidikan. 3(1): 12:19.

Yonas Abdul, 2014. Perbandingan Kemampuan Daya Tahan Jantung dan Paru paru antara Siswa Kelas XI Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pagi Hari dengan Siang Hari di SMAN 1 Kediri. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 2(1):306-312.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpk.v8i2.1782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Pena Kreatif : Jurnal pendidikan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License