PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN MEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI KINGDOM ANIMALIA DI MAN 2 PONTIANAK

Mendala Mendala, Nuri Dewi Muldayanti, Heriansyah Heriansyah Mendala Mendala
Nuri Dewi Muldayanti
Heriansyah Heriansyah

Abstract


Materi kingdom animalia memiliki cakupan yang sangat luas dan bersifat abstrak. Sehingga, dalam penyampaiannya memerlukan suatu model pembelajaran dan media yang tepat. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media flash terhadap hasil belajar siswa materi kingdom animalia pada siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XC sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran dan observasi langsung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil uji U Mann-Whitney menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media flash dengan siswa yang diajar menggunakan metode ceramah berbantuan media flash. Sedangkan berdasarkan perhitungan Effect Size, model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media flash terhadap hasil belajar siswa materi kingdom animalia memberikan kontribusi terhadap persentasi peningkatan hasil belajar sebesar 51,6 %. Hal ini menunjukan model pembelajaraan kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media flash berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Pontianak pada materi kingdom animalia dengan nilai Effect Size 0,9  (tergolong tinggi).


Keywords


Hasil Belajar; Numbered Heads Together

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, K. I., Amri, S dan Elisah, T. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu.

Jakarta: Prestasi Pustaka

Arsyad, A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara

Cohen, J. 1998. Statistical Power Analysis for the Behavior Sciences (2nd ed). Hillsdale, NJ : Lawrence Earlbaum Associates

Daud, F & Fausan, M.M. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Konsep Ekosistem bagi Siswa Kelas VII. A, SMPN 5 Takalar. Jurnal Chemica Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makasar. Vol.12, No. 1: 40-46

Gusbandono, T., Sukardjo, J.S., & Utomo B.S. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) Dilengkapi Media Animasi Macromedia Flash dan Plastisin Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Sambungmacan. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol. 2, No. 4 : 102-109

Hakim, A & Rambe, D. 2012. Perbedaan Hasil Belajar Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Koopertif Tipe NHT dan Model Konvensional Pada Materi Pokok Besaran dan Satuan. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 1, No. 2 : 7-12

Harsono., Soesanto & Samsudi. 2009. Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Ceramah Konvensional dengan Ceramah Berbantuan Media Animasi Pada Pembelajaran Kompetensi Perakitan dan Pemasangan Sistem Rem. Jurnal PTM UNES. Vol 9. No. 2:

Hamzah & Nurdin, M. 2013. Belajar dan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara

Hartati, S & Sudarsiman, S. 2010. Perbedaan Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Numb ered Heads Together Terhadap Prestasi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas 8 Semester 1 di SMP Negeri 12 Kota Magelang. Jurnal Prosiding Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi Pendidikan Biologi FKIP UNS : 268-275

Jihad & Haris. 2010. Evaluasi Pembelajaran, (Cetakan ke-3). Yogyakarta : Multi Pressindo

Kusuma, E., Wijayanti, N., & Wibowo, L.S. 2008. Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbasis Savi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Laju Reaksi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol.2, No.1 : 1-14

Riyanto, Y. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Surabaya: Prenada Media

Sudijono, A. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Salim, A., Ishafit & Toifur, M. 2011. Pemanfaatan Media Pembelajaran (Macromedia Flash) dengan Pendekatan Konstruktivis dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Fisika pada Konsep Gaya. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Penelitian. Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA UNY: Yogyakarta

Siregar, F. A. 2012. Pengaruh Model Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Medan. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 1, No. 1, ISSN 2252-732X : 33-38

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D ). Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan (Prinsip & Operasionalnya). Yogyakarta: Bumi Aksara

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaan Inovatif Berorientasi Konstruktivistik (Konsep, Landasan, dan Implementasinya). Jakarta: Prestasi Pustaka

Vacha-Haase and Thompson. 2004. How to Estimate and Interpret Various Effect Size. Journal of Counseling Psychology. Vol. 51 No. 4 : 473-481




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpk.v8i1.1780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Pena Kreatif : Jurnal pendidikan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License