PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN SUMBER DAYA ALAM (SDA) LOKAL MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI SISWA DI SMP NEGERI 1 ANJUNGAN

Khozizah Khozizah, Arif Didik Kurniawan, Hanum Mukti Rahayu Khozizah Khozizah
Arif Didik Kurniawan
Hanum Mukti Rahayu

Abstract


Guru jarang sekali mendiskusikan perencanaan pembelajaran dengan guru lainnya yang sejawat guna menjadikan pembelajaran lebih bervariasi dan berkembang. Begitu pula guru jarang sekali melibatkan siswa dalam proses permbelajaran sehingga retensi siswa rendah. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk menguji perbedaan dan pengaruh  pembelajaran IPA menggunakan sumber daya alam lokal melalui pendekatan saintifik berbasis lesson study terhadap hasil belajar dan retensi siswa di SMP Negeri 1 Anjungan. Metode yang digunakan adalah Quasy Eksperimen Design dengan rancangan Nonequivqlent Cotrol Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling.  Kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan VIIA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran. Alat pengmpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar. Hasil penelitian yaitu hasil belajar siswa yang diuji dengan uji U-Mann Whitney adalah 0,000 < 0,05. Hasil retensi siswa yang diuji dengan uji U-Mann Whitney adalah 0,000 < 0,05. Sedangkan hasil belajar yang diuji menggunakan effect size diperoleh nilai 1,1 yang dikategorikan 58,9%. Sedangkan retensi siswa yang diuji menggunakan effect size diperoleh nilai 1,1 yang dikategorikan 58,9%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan dan pengaruh kelas yang diajarkan mengggunakan sumber daya alam lokal melalui pendekatan saintifik berbasis lesson study dan kelas yang diajarkan mengggunakan sumber daya alam lokal melalui pendekatan saintifik terhadap hasil belajar dan retensi siswa.

Keywords


Hasil Belajar; Lesson Study; Pendekatan Saintifik; Retensi; Sumber Daya Alam Lokal.

Full Text:

PDF

References


A.Machin, (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik Penanaman Karakter Dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan Indonesia. 3 (1): 30.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Dahar, Ratna Wilis. (2006). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dimyati. Mudjiono. (2013). Belajar dan pembelajaran. Jakarta . Rineka Cipta.

Jihad, A, dan Haris, A. (2012).Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Majid Abdul. (2014). Strategi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya . Bandung.

M. Khusniati. (2012). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. JPII 1 (2) : 204 – 205.

Muhson, Ali. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologo informasi. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia. 8 (2) : 204–205.

Qurrota A’yun Juniarsih. (2015). Peningkatan Retensi Belajar Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Melalui Penerapan Discovery Learning Dan Team Games Tournament Pada Siswa Kelas VII-G SMP Negeri 18 Malang. Prosiding seminar nasional. Malang. UMM.

Rahayu dkk, (2012). Pengembangan Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study. Jurnal pendidikan Indonesia. 1 (1) :63-64.

Sudarman. (2009). Peningkatan pemahaman dan daya ingat siswa melalui preview, question, read, reflect, recite, dan review (PQ4R). Jurnal pendidikan inovatif. 4 (2) : 70-71.

Warsono dan Hariyanto. (2013). Pembelajaran aktif. Bandung : Pt. Remaja Rosdakarya.

Winarsih, A. Mulyani. (2012). Peningkatan Profesionalisme Guru IPA Melalui Lesson Study Dalam Pengembangan Model Pembelajaran PBI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1 (1) : 43-44.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpk.v8i1.1779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Pena Kreatif : Jurnal pendidikan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License