STUDI KOMPARASI STRATEGI PEMBELAJARAN LTLC DENGAN GQGA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SEL KELAS XI SMA NEGERI I SUNGAI KAKAP

Karmila Karmila, Anandita Eka Setiadi, Hanum Mukti Rahayu Karmila Karmila
Anandita Eka Setiadi
Hanum Mukti Rahayu

Abstract


Rata-rata hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Kakap pada mata pelajaran biologi masih di bawah KKM, khususnya pada materi Sel. Diharapkan dengan menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dapat memperbaiki aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa serta memilih strategi mana yang paling efektif antara pembelajaran menggunakan LTLC dan GQGA. Bentuk peneltian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan Pretest Posttest Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XIA sebagai kelas eksperimen I dan XIC sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan pengukuran. Alat pengumpul data yang digunakan adalah test pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan nilai uji U-mann Whitney 0.00<0,005. Hal tersebut menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran  menggunakan strategi LTLC dan GQGA. Nilai rata-rata hasil belajar menggunakan strategi LTLC 55,86 dan GQGA 39,64 sehingga disimpulkan LTLC lebih efektif dibandingkan GQGA.


Keywords


Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi; GQGA; LTLC; Sel.

Full Text:

PDF

References


Abdul, Majid. (2014). Strategi pembelajaran. Bandung: PT. Rosdakarya Offset.

Arif Muchamad. (2014). Penerapan Aplikasi Anates Bentuk Soal Pilihan Ganda. Jurnal Ilmiah Edutic. Vol: 1 No: 1. Hal: 4.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Citra Utami, Nurhasan Hamidi, dkk. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Lightening The Learning Climate Sebagai Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun 2015. Jurnal Tata Arta Vol:1 No: 2.

Endah. (2012). Pengaruh Model Active Learning Dengan Strategi Lightening The Learning Climate Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 3 Boyolangu Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol: 02 Hal: 4 Irnaningtyas. (2013). Biologi. Jakarta: Erlangga.

Nayla Amalia Ata dan Widayati Ani. (2012). Analisis Butir Soal Tes Kendali Mutu Kelas XII SMA Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Di Kota Yogyakarta Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol: X No: 1. Hal: 6.

Setiaji, R.S dan Joko. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Giving Question and Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Keterampilan Sosial Siswa pada Standar kompetensi Memahami Dasar-Dasar Elektronika di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Elektro. Vol:2. No: 1.

Silberman, M. (2009). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Silberman, M. (2013). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpk.v8i1.1778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Pena Kreatif : Jurnal pendidikan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License