ANALISIS PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI MTs. NEGERI 1 PONTIANAK

Jahara Jahara, Anandita Eka Setiadi, Arif Didik Kurniawan Jahara Jahara
Anandita Eka Setiadi
Arif Didik Kurniawan

Abstract


Guru dapat berperan sebagai motivator yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa, faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi motivasi belajar siswa serta upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA kelas VIII F di MTs. Negeri 1 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, observasi dan wawancara. Sumber data  penelitian ini adalah guru IPA dan siswa kelas VIII F di MTs. Negeri 1 Pontianak. Hasil penelitian menunjukan tingginya motivasi belajar siswa kelas VIII F di MTs. Negeri 1 Pontianak. Faktor pendukung yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yaitu hasrat dan keinginan belajar (90.9%), dorongan kebutuhan belajar (90,4%), harapan akan cita-cita (89,5%), kegiatan belajar yang menarik (89,1%), lingkungan yang kondusif (90,8%), adanya penghargaan (86,2%), fungsi alat tubuh (84,5%), minat terhadap pelajaran ( 86,2%), pengertian orang tua (89,9%), peran guru dalam proses pembelajaran (92,0%), teman bergaul (91,6%) dan kehidupan dalam masyarakat (91,2%). Faktor penghambat yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yaitu kemampuan mengingat (64,1%), kecerdasan (55%), dan keadaan ekonomi keluarga (57,5%). Sedangkan upaya yang dilakukan guru untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa dengan memberikan nilai tambahan, menumbuhkan kesadaran kepada siswa pentingnya mengerjakan tugas, memberitahukan terlebih dahulu kepada siswa ketika akan diadakan ulangan, mengumumkan hasil tugas dan PR siswa, memberikan pujian, memberikan hukuman, menumbuhkan hasrat siswa untuk belajar, dan minat siswa pada pelajaran. Dapat di simpulkan bahawa motivasi belajar siswa MTs. Negeri 1 Pontianak dalam pelajaran IPA sangat tinggi.

Keywords


Guru, Motivasi; Belajar.

Full Text:

PDF

References


Adlia Vidya. R. (2013). Pengaruh Desain Ruangan Kelas Terhadap Motivasi Belajar siswa di Sekolah Alam. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Indonesia. 1(2):7

Aprilia Galuh Ciptarani. (2014). Pengaruh Teman Bergaul dan Tingkat Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi di SMK YP 17 Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Akuntansi. 5(3) : 25

Dhatin N.M. (2011). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar IPS Ekonomi Kelas VIII SMPN 2 Pegandon Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2009/2010. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Univrsitas Negeri Semarang. 2(3) : 21

Dinar Tiara. N.P dan Gatot Isnani. (2015). Pengaruh Minat Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen.1(2) : 2

Haryono. (2013). Pembelajaran IPA yang Menarik an Mengasyikkan. Yogyakarta : Kapel Press.

Muzaki, I. Fiqi. (2009). Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Matematika Di Dalam Model Pembelajaran Problem Solving Pada Materi Pokok Perbandingan Kelas VII Di SMP Muhammadiyah I kota Tegal Tahun Ajaran 2009/2010. Jurnal Jurusan Matematika Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.1(2) : 33

Nelpa Fitri Yuliani. (2013). Hubungan Antara Lingkungan Sosial dengan Motivasi Belajar Santri di Pesantren Madinatul Ilmu Islamiyah. Jurnal Pendidikan. 1(2) : 4

Rahmat Hidayat. (2015). Hubungan Antara Minat dan Cita-Cita dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Fakultas Universitas Muhammadiyah Surakarta. 3(2):4

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sardiman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Megajar. Jakarta : Rajawali Press

Suyanto dan Asep Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional, Strategi Meningkatan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta : Erlangga

Puput Setya Rahrdjo. (2013). Partisipasi Orang Tua dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olah Raga dan Kesehatan Siswa Kelas IV SDN Purwodadi Kecamatan Purwodadi Kecamatan Purworejo. Jurnal Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Kolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. 2(3) : 23-24.

Yunita Kumalasari. (2015). Hubungan Intensitas Pergaulan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar PKN Pada Siswa Kelas III SD Negeri Se – Gugus 3 Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman. Jurnal Jurusan Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar FKIP Universitas Negeri Yogyakarta.11(2) : 25




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpk.v8i1.1777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Pena Kreatif : Jurnal pendidikan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License