PENERAPAN PQ4R DAN CORE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI VIRUS DI MAN 1 PONTIANAK

Eka Rahmawati Danu Putri, Arif Didik Kurniawan, Hanum Mukti Rahayu Eka Rahmawati Danu Putri
Arif Didik Kurniawan
Hanum Mukti Rahayu

Abstract


Hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPA di MAN 1 Pontianak pada mata pelajaran biologi masih dibawah KKM (<75), khususnya pada materi virus dengan persentase ketuntasan 50,56%, sehingga dengan membandingkan dua model dapat ditentukan model yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X IPA di MAN 1 Pontianak antara yang diajarkan dengan menggunakan model PQ4R dan model CORE, 2) untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPA di MAN 1 Pontianak antara yang diajarkan dengan menggunakan model PQ4R dan model CORE. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Bentuk penelitian menggunakan Quasi Experimental Research dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Kelas X IPA 3 sebagai kelas PQ4R dan kelas X IPA 1 sebagai kelas CORE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran. Hasil penelitian yaitu terdapat perbedaan hasil belajar di Kelas PQ4R dengan rata-rata nilai gain sebesar 28,53 dan kelas CORE sebesar 36,03, dengan nilai signitifikan 0,011. Sedangkan perbedaan berpikir kritis di kelas PQ4R dengan rata-rata nilai persentase berpikir kritis sebesar 55,88% dan kelas CORE 67,45%, dengan nilai signitifikan 0,024. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan menggunakan model PQ4R dan model CORE, dimana siswa diajarkan dengan model CORE lebih tinggi dibanding siswa yang diajarkan dengan model PQ4R

Keywords


PQ4R; CORE; Hasil belajar; Berpikir Kritis; Virus

Full Text:

PDF

References


Agus, I, Md; Purta, Wijaya; Nyn, Wirya; Ign, I Wyn Suwastra. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran PQ4R Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Sawan. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan. Vol. 2 No. 1, hal 1-10.

Alec, Fisher. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta. Erlangga.

Auni, Shabrina. (2014). Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CORE dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Prestasi Belajar Dan Koneksi Matematis Siswa SMA Kelas VIII. Yogyakarta. UNY

Aunurrahman.(2013). Belajar dan Pembelajaran.(Cetakan ke-8). Bandung: Alfabeta

Desti. (2012). Membentuk Siswa Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika. Prosiding, 10 November. ISBN: 978-979-1635-8-7.

Dewi, Nurnika; Nurchasanah. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis Yang Tercermin Dalam Keterampilan Membaca Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Islam Almaarif Singosari Malang. Jurnal Sastra. Vol. 21 No. 3, hal 1-12.

Fathoni, Hari, Bintara; dkk. (2013). Studi Komparasi Kemampuan Berpikir Kritis Antara Model Pembelajaran Instad Dipadu Concept Map dengan Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas Xi IPA SMA Negeri 4 Surakarta. Prosiding No. 4-041, hal 1-7.

Fitria, Linayaningsih. (2011). Metode PQ4R (Preview, Qustoin, Read, Reflect, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Majalah Ilmiah Informatika. Vol. 2 No. 2, hal 75-85.

Hasruddin. (2009). Memaksimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Tabularaasa PPS UNIMED. Vol. 6 No. 1, hal 48-59.

Ismail. (2013). Pengaruh Model Arias dan Arias Dipadu Peta Konsep. Jurnal Pendidikan Sains. Vol. 1 No. 3, hal 284-297

M, Yusuf, Hidayat; Ina, Rosdiana; Lesmanawati; Djohar, Maknun. (2009). Penerapan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Di Kelas X SMAN 1 Ciwaringin. Jurnal Scientiae Educatia. Vol. 3 No 2, hal 111-122.

Ngh, Jaya, Wicaksana; I, Nym, Wirya; I, Gd, Margunayasa. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Berbasis Koneksi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol. 2 No. 1, hal 1-9.

Ni, Luh, Astiningsih; I, Nym, Murda; I, Md, Suarjana. (2014). Pengaruh Model CORE Berbantuan Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol. 2 No. 1, hal 1-9.

Nila, Antasari. (2014). Pengaruh Metode PQ4R (Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gunungsari Pada Mata Pelajaran Biologi. Mataram. Universitas Mataram.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta. Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jpk.v8i1.1776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Pena Kreatif : Jurnal pendidikan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License