SIMULASI SEBAGAI PROJECT-BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN SPEAKING PERFORMANCE MAHASISWA PADA MATA KULIAH BUSINESS ENGLISH

ryani yulian, Yuniarti Yuniarti ryani yulian
Yuniarti Yuniarti

Sari


Dewasa ini, mahasiswa harus disituasikan dalam proses pembelajaran yang berorientasi pada penerapan ilmu aplikatif dimana perkuliahan konvensional sudah dianggap bukan sebagai cara yang terbaik untuk mengikutsertakan mahasiswa dalam pembelajaran aktif di kelas. Mahasiswa semester dua pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak melakukan presentasi dalam mata kuliah Business English sebagai salah satu prasyarat kelulusan pada mata kuliah ini. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diwajibkan untuk mempresentasikan barang maupun jasa. Kegiatan ini diharapkan menjembatani teori dengan kegiatan nyata sehingga mahasiswa dapat memiliki kemampuan praktis ketika berada dalam dunia kerja. Secara spesifik penelitian ini menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan kombinasi metode simulasi sebagai project-based learning pada mata kuliah Business English. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus penelitian dimana nilai rata-rata speaking performance mahasiswa meningkat secara signifikan yaitu dari 58.23 menjadi 67.65. Mahasiswa juga memiliki persepsi yang positif terhadap metode ini dimana mayoritas mahasiswa setuju bahwa simulasi dapat memberikan motivasi (82,35%), simulasi merupakan cara pembelajaran yang menyenangkan (79,41%), dan simulasi memberikan pengalaman belajar dan memberikan nilai lebih pembelajaran dari self-study (88,24%). Persepsi mahasiswa terhadap project-based learning mengindikasikan bahwa metode ini dapat meningkatkan speaking performance mereka (88,24%).  Dengan kombinasi metode simulasi sebagai project-based learning, kemampuan speaking mahasiswa dapat meningkat. 


Kata Kunci


simulasi; project-based learning; classroom action research; business English.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Boaler, J. (1999, March 31). Mathematics for the Moment, or The Millennium? Education Week

Bransford, J., Brown, A., & Cocking, R. (2000). How People Learn: Brain, Mind, Experience, and School. Washington, Dc: National Academy Press.

Brown, H. Douglas. (2007). Teaching by Principles. An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Pearson Longman.

Burns, A. (2010). Doing Action Research in English Language Teaching. A Guide for Practitioners. London: Routledge Taylor & Francis Group.

Cohen, Louis, Dkk. (2000). Research Methods in Education. London: Routledgefalmers.

Hyland, K. (2009). Language-Learning Simulations: A Practical Guide in: English Teaching Forum (31, 4). Diakses pada 12 November, 2017, dari http//:www.English Teaching Forum Online – Bureau of Educational and Cultural Affairs.Htm

Jeremy, Harmer. (2007). The Practice of English Language Teaching; (Fourth Edition). England: Longman.

Mertler, C.A. (2009). Action Research. Teachers as Researchers in the Classroom. Second Edition. USA: Sage Publication.

Musa, Farida., Mufti Norlaila., Latiff, Rozmel Abdul., Amin, Maryam Mohamed. (2011). Project-Based Learning: Promoting Meaningful Language Learning for Workplace Skills. Procedia Social Dan Behavioral Sciences, 18 (11), 187-195.

Nunan, D. (2015). Teaching English to Speakers of Other Languages: An Introduction. New York, NY: Routledge.

Parel, MF., Jain, Praveen M. (2008). English Language Teaching (Methods, Tools & Technique). Jaipur: Sunrise Publishers.

Railsback, J. (2002). Project-Based Instruction: Creating Excitement for Learning. Portland, or: Northwest Regional Educational Laboratory. http://www.nwrel.org/request/2002aug/index.html*

Sri International. (2000, January). Silicon Valley Challenge 2000: Year 4 Report. San Jose, CA: Joint Venture, Silicon Valley Network. http://Pblmm.K12.Ca.Us/Sri/Reports.Htm*

Richard, J.C. (2005). Curriculum Development in Language Teaching. New York: Cambridge University Press.

Russell, C. and Shepherd, J. (2010), Online Role-Play Environments for Higher Education. British Journal of Educational Technology, 41: 992–1002. doi:10.1111/J.1467-8535.2009.01048.X

Simpson, Jantima. (2011). Integrating Project-Based Learning in an English Language Tourism Classroom in a Thai University Institutions. Doctoral Thesis: Australian Catholic University.

Thomas, J.W. (1998). Project-Based Learning: Overview. Novato, CA: Buck Institute for Education.

Thomas, J.W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. San Rafael, CA: autodesk. http://www.k12reform.org/foundation/pbl/research*

Thornbury, S. (2005). How to Teach Speaking. Epson: Longman.

Ul Hasan, Syed Sharjeel., Khan Shabbir Ahmed. (2016). Perceptions of Students Who Participated in Business Simulation At Umeå School of Business, Sweden A Model for Educational Simulations. Lap Lambert Academic Publishing.

Whatley, J. (Ed). (2009). E-Learning and Construtivism: from Theory to Application. Interdisciplinary Journal of E-Learning and Learning Objects Vol.5.2009. Diakses pada November 17, 2017.

Zulfiqar, Saidna Bin Tahir, Lc. (2013). Teaching Speaking Through Yahoo Messenger. Jakarta Selatan: Qalam Media Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.2940/pena2018.72.1396

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN (PRINT)   2089-3027

ISSN (ONLINE)  2541-2264

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UM PONTIANAK