PENERAPAN METODE FARMING GARDENING PROJECT DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI PAUD LABORATORIUM MODEL UNIVERSITAS MUHAMMMADIYAH PONTIANAK

Diana Diana, Yani Putri Diana Diana
Yani Putri

Sari


Pendidikan Anak usia dini merupakan pendidikan awal pembentukan manusia, pada usia ini otak berkembang 80 % sampai usia 8 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, melalui stimulasi pembelajaran anak mampu berfikir secara simbolis , meskipun masih dibatasi oleh persepsi  yang hanya berfokus pada satu dimensi terhadap satu objek . Tujuan penelitian ini secara umum adalah dapat   meningkatkan perkembangan Kognitif  Anak Usia Dini khususnya melalui Penerapan  Metode Farming Gardening Project  PAUD Laboratorium Model Universitas Muhammadiyah Pontianak   sehingga dapat memberikan konstribusi  positif . Metode yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Alat yang dinakan dalah pedoman observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian  pada penilaian  tingkat capaian perkembangan  Kognitif anak  berkembang sangat baik  dari  semua indikator  tingkat keberhasilan mencapai hasil  80 % . 


Kata Kunci


Kognitif; Farming; Gardening; Project.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Diana, 2017 Penerapan Metode Farming Gardening Project Dalam Meningkatkan Karakter Positif Anak Usia Dini Di Daerah Terpencil Kalimantan Barat. Prosiding Seminar Pendidikan UMP-IPGKBL

Ibrahim, M dan Nur, M. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya : Universitas Surabaya.

Kurikulum TK. 2010. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di taman Kanak-kanak. Jakarta : Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar Menengah Direktorat Pembinaan TK.

Khosiah, Siti 2018. Pengaruh farming gardening Project terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia taman kanak-kanak di AR-Rahman Islamic School Cinere Depok. Jurnal Of Islamic Education. P-ISSN: 2599-1671, E-ISSN : 2599-168X.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta : Depdiknas.

Matt Jarvis, 2007. Teori-teori Psikologi , Pendekatan Modern Untuk Memahami Perilaku, Perasaan dan Pikiran manusia. Penerbit Nusamedia & Penerbit Nuansa.

Pramuditya, amabara Didith, 2014. Asessmen Anak Usia Dini. Yogyakarta: Graha Ilmu

Philips, Charles., Renae J Chesnut & Raylene M. Rospond. 2004. The California Critical Thinking Instruments for Benchmarking, Program Assessment and Directing Curricular Change. http://hdl.handle.net/2092/405.

Piaget, Jean dan Barbel Inhelder, Psikologi Anak : The Psychology of the Child, Yogyakarta : Pustaka pelajar, 2010.

Puskur, B. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Pedoman Sekolah. Jakarta : Kemendiknas Balitbang PuskuR

Prasetyo, N. 2011. Membangun Karakter Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan

Pendidikan Anak Usia Non Formal & Informal Kementerian Pendidikan Nasional.

Soedjadi. 2001. Pemanfaatan Realitas dan Lingkungan dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan pada seminar nasional “Realistic Mathematics Education (RME)”. Surabaya : Jurusan Matematika FMIPA UNESA 24 februari

Santrock, John W. 1995. Life – Span Development, Perkembangan Masa Hidup. Penerbit Erlangga.

Supartini Elis, Wati Dini, 2016. Modul Guru Pembelajaran Taman kanak-kanak, Kemendikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.2940/pena2018.72.1395

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN (PRINT)   2089-3027

ISSN (ONLINE)  2541-2264

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UM PONTIANAK