URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIKULTURAL UNTUK NILAI TOLERANSI PADA ANAK USIA DINI

Herawati Herawati Herawati Herawati

Sari


Pembelajaran kontekstual learning melalui pendidikan karakter  (studi pada anak- anak usia dini paud mandiri kecamatan Entikong, Sanggau di beranda terdepan negara) adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui gambaran atau memotret, proses, dan hasil dari kegiatan pembelajaran tersebut. Penelitian ini menekankan pada pendekatan pembelajaran, dengan kontekstual learning. Peneliti meneliti proses pembelajaran kontekstual learning berdasarkan tahap-tahap yang sesuai pendapat Dean (1993), yang meliputi: (1) planning (perencanaan); (2) involvement (keterlibatan); (3) internalization (keterhubungan); (4) reflection (refleksi); (5) generalization (kesimpulan umum); (6) application (penerapan); (7) follow up (menetapkan standard/acuan). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan dua sumber data, yaitu: (1) data primer yang diperoleh dari wawancara dengan anak usia dini; (2) data sekunder diperoleh dari ketua penyelenggara PAUD dan dokumen/ data pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual melalui pendidikan karakter berbasis multikultural di PAUD Mandiri (studi anak usia dini di PAUD mandiri perbatasan Indonesia - Malaysia) yang dinilai dari gambaran kegiatan PAUD, proses pembelajaran kontekstual learning dan hasil yang dicapai setelah kegiatan berlangsung dinyatakan“baik”. 


Kata Kunci


pendidikan karakter; toleransi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al- Qur`ân dan terjemahnya, Departemen Agama RI (dalam al-Qur`ân digital).

An- Nahlawi, Abdurrahman (1989), Prinsip- Prinsip dan Metoda Pendidikan Islam, terjemahan Herry Noer Ali, Bandung: CV Diponegoro.

Arifin, H.M. (1977), Psikologi dan Beberapa Aspek Kehidupan Rohaniyah Manusia, cetakan kedua, Jakarta: Bulan- Bintang.

Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma baru Pendidikan Nasional dan Rekonstruksi dan Demokratisasi, Jakarta, Kompas

Baedhowi (Dirjen PMPTK Kementerian Pendidikan Nasional) (2010), “Pembinaan Akhlak dan Karakter Bangsa di Lingkungan Sekolah”, makalah yang disampaikan dalam rapat kajian “Pembinaan Akhlak dan Karakter Bangsa di lingkungan sekolah” di gedung dewan pertimbangan presiden jl. Veteran iii no. 2 jakarta, tanggan 1 oktober 2010.

Budiardjo, Miriam, 1989. Dasar-dasar Ilmu Politik, Jakarta, Gramedia

Al- Ghazali, Abu Hamid Muhammad (1333 h), Ihya Ulũmiddin, jilid III, Kairo: Mustafa Babul Halabi.

Dahlan, M.D., penyunting (1990), Model-model Mengajar: Beberapa Alternatif Interaksi Belajar- Mengajar, cetakan kedua, Bandung: CV Diponegoro.

Efendi, Agus (1997), “Mencintai Tuhan Dengan Indera Keenam”, dalam al-Tanwir, buletin dakwah mesjid al- Munawwarah – Yayasan Muthahhari, no. 94, edisi 20 Juni 1997.

Hasyim, Adelina (1988), “Pelanggaran Etis oleh Siswa dan Alasan menghindarinya”, tesis s2, Bandung: Program Pasca Sarjana IKIP Bandung.

Joyce, Bruce and Weil, Marsha (1980), Models of Teaching, New Jersey: Prentice-Hall INC

Martianto, Dwi Hastuti (2008), “Pendidikan Karakter: Paradigma Baru dalam Pembentukan Manusia Berkualitas”. Makalah dalam email: tutimartianto@yahoo.com

Nasution, S. (1995), Kurikulum dan Pengajaran, cetakan kedua, Jakarta: Bumi Aksara.

Permadi, Dadi dan Ramadhy, Sufyan (2002), Bagaimana Mengembangkan Kecerdasan: Metode Baru untuk Mengoptimalkan Fungsi Otak Manusia, Bandung:

Al-Qosimi, Muhammad Jamaluddin (1986), Bimbingan untuk Mencapai Tingkat Mu`min, Ringkasan Ihya `Ulumiddin al- Ghazali, terjemahan, Bandung: CV Diponegoro.

Rahmat, Munawar (1998), “Kecerdasan dan Prestasi Belajar”, makalah, dipresentasikan dalam diklat Teknologi Prestasi pada Lifeskill Education Center (LEC) Bandung, Juni 1998.

Supriadi, Dedi (1994), Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek, Bandung: Alfabeta.

Trueblood, david (1990), Philosophy of Religion, diterjemahkan dan disusun kembali oleh Prof. Dr. H.m. rasyidi, jakarta: bulan-bintang, cetakan kedelapan.

Winataputra, udin. S., 2006, demokrasi dan pendidikan demokrasi, jakarta: direktorat pembinaan pendidikan tenaga kependidikan dan ketenagaan perguruan tinggi ditjen dikti departemen pendidikan nasional.

Zamroni, 2001. Pendidikan Untuk Demokrasi Tantangan Menuju Civil Society, Yogyakarta: Bigraf Publishing.66




DOI: http://dx.doi.org/10.2940/pena2018.72.1394

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN (PRINT)   2089-3027

ISSN (ONLINE)  2541-2264

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UM PONTIANAK