PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDEKATAN EKOLOGI DI KELAS B1 TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA KECAMATAN PONTIANAK SELATAN

Iin Maulina, Ai Elis Iin Maulina
Ai Elis

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil kunjungan peneliti pertama kali ke Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Selatan yang melihat adanya penerapan nilai-nilai moral kepada anak-anak melalui pembiasaan sikap-sikap yang baik dan kegiatan-kegiatan di paud yang rutin setiap hari yang dituangkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dan keadaan Taman Kanak-kanak (TK) Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Selatan dengan lingkungan pembelajaran yang  kondusif dan sangat dekat dengan lingkungan alam yang mana terlihat dari  tanaman-tanaman yang ditanam di sekitar sekolah terutama di kelas B1 yang mencerminkan telah dilaksanakannya pendidikan karakter di TK Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Selatan.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran kegiatan pembelajaran di kelas B1 TK Negeri Pembina Pontianak Selatan, penerapan pendidikan karakter melalui pendekatan ekologi di kelas B1 TK Negeri Pembina Pontianak Selatan, dan penilaian penerapan pendidikan karakter melalui pendekatan ekologi di kelas B1 TK Negeri Pembina Pontianak Selatan. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu pendekatan kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data meliputi: Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap, yaitu: Reduksi data, display data, dan verifikasi data. Perencanaan penerapan pendidikan karakter dilihat dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang dibuat oleh Ibu Sumirah dan dinyatakan “cukup baik”; proses pembelajarannya dinyatakan “baik”, dan alat evaluasi yang digunakan juga dinyatakan “baik”, sehingga penilaian penerapan pendidikan karakter melalui pendekatan ekologi dinyatakan “baik”. Dengan demikian, hasil penelitian tentang penerapan pendidikan karakter di kelas B1 TK Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Selatan dinyatakan telah berlangsung dengan “baik”. 


Kata Kunci


Pendidikan karakter; pendekatan ekologi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chen, Judith., Cheng, Hsuan (2008). Children, Teachers and Nature: An Analysis of An Environmental Education Program (Disertasi). University of Florida.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Kemendiknas. 2010. https://www. websitependidikan.com/2017/07/1. Diakses: 31 Oktober, pukul 9.27 wib.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi: Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Smith, R. M. & Neisworth, J. T. & Berlin, C. M. Jr. 1975. The Exceptional Child. New York: McGraw-Hill Book Company.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunarti, Euis. 2005. Menggali Kekuatan Cerita. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.

Tim Redaksi Fokusmedia. 2005. Himpunan Peraturan Perundang-Undangan dilengkapi Standar Nasional Pendidikan (SNP): Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. Bandung: Fokusmedia.

Widodo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.2940/pena2018.72.1393

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN (PRINT)   2089-3027

ISSN (ONLINE)  2541-2264

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UM PONTIANAK