ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR READING PADA MATA KULIAH ENGLISH FOR CHILDREN PG PAUD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK

Yuniarti ,, Ryani Yulian Yuniarti ,
Ryani Yulian

Sari


Pengajaran bahasa Inggris pada jurusan PG PAUD Universitas Muhammadiyah  Pontianak masih belum difasilitasi oleh materi yang valid berdasarkan analisis kebutuhan pembelajaran. Untuk itu, pengajar dituntut agar bisa membuat bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan tujuan pembelajaran atau teacher-prepared materials agar lebih tepat mengenai sasaran peserta didik (Tomlinson,2003). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan bahan ajar reading pada mata kuliah English for Children, PG PAUD UM Pontianak. Menggunakan metode deskriptif, pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner terhadap 28 responden yang merupakan mahasiswa prodi PG PAUD UM Pontianak. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif dan disertai grafik untuk memperjelas hasil penelitian.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek Learning Needs responden yang merupakan mahasiswa yang tidak bekerja (90%) cenderung memilih materi bahan ajar reading yang sesuai dengan bidang ke PAUD an,  menggunakan pemilihan kosakata dengan tingkat bervariasi (mudah, sedang, sulit), dan disajikan dalam model diskusi dan presentasi. Sedangkan hasil dari analisis komponen Target Needs yang meliputi kekurangan (lacks), keinginan (wants), dan kebutuhan (needs) mengindikasikan bahwa responden masih perlu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka dalam berbagai ketrampilan (listening, speaking, reading, writing). Mereka juga kesulitan dalam memahami teks bahasa Inggris dikarenakan oleh rendahnya penguasaan kosakata, dan teknik menjawab pertanyaan yang meliputi ide pokok dan inti bacaan. Oleh karena itu, hasil dari analisis kebutuhan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang tepat dalam mengembangkan bahan ajar reading bagi mahasiswa PG PAUD UM Pontianak agar bahan ajar yang dikembangkan nanti sesuai dengan kebutuhan peeserta didik dan pembelajaran.


Kata Kunci


analisis kebutuhan; bahan ajar reading; teacher-prepared materials; kebutuhan pembelajaran; target pembelajaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Basturkmen, H. (2006). Ideas and Options in English for Specific Purposes. ESL& Applied Linguistics Professional Series. Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Balint, M. (2004). Assessing students’ perceived language needs in a needs analysis. In 9th Conference of Pan-Pacific Association of Applied Linguistics. Tokyo.

Dar, Maryam. From General to Specific English: A Case Study of NUML. Journal of NELTA, 13 April 2009. Diunduh pada November 20, 2015.

Dudley-Evans, T., and M.J. St John. (2009).Development in English for Specific Purposes : A Multidisciplinary Approach. Cambridge: CUP

Hutchinson, T. and Waters, A. (1989). English for Specific Purposes: A learning Centered Approach. Cambridge: Cambridge University Press.

Hutchinson, T. and Torres, E. (1994). The textbook as agent of change. ELT Journal, 48, 315-328

Khan, H.A. (2007). A Needs Analysis of Pakistan State Boarding Schools Secondary Level Students for Adoption of Communicative Language Teaching. Dissertation to the School of Arts & Education of Middlesex University London: Published

McGrath, Ian. (2013).Teaching Materials and the Roles of EFL/ESL Teachers: Practice and Theory. London, UK and New York, NY: Bloomsbury Academic

Morrison, G. R., Ross, S. M., Kalman, H. K., & Kemp, J. E. (2013). Designing effective instruction (7th ed.). Hoboken, NJ: John Wiley and Sons, Inc.

National Council of Teachers of English (2014) Guidelines for selection of Materials. from http://www2.ncte.org/statement/material-selection-ela/

Richards, J.C. (2002). Curriculum Development in Language Teaching. USA: Cambridge.

Songhori, M.H. (2007). Introduction to Needs Analysis. English for Specific Purposes World, Issue 4, 2008.Online peer-reviewed Journal for Teachers. Diunduh pada November 27,2017

Tomlinson, B.(1998). Materials Development in Language Teaching. Second Edition. Cambridge University Press

Tomlinson, B. (2003). Developing Materials for Language Teaching. Cromwell Press, Trowbridge, Wiltshire

Tomlinson, B. (2012) Materials Development for Language learning and Teaching. Cambridge Journals, Vol. 45 Issue 2, https://doi.org/10.1017/S0261444811000528




DOI: http://dx.doi.org/10.2940/pena2018.72.1392

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN (PRINT)   2089-3027

ISSN (ONLINE)  2541-2264

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UM PONTIANAK