Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan menerima manuskrip berupa laporan penelitian (Original article research paper) dalam bidang studi Kesehatan Masyarakat yang belum pernah atau sedang diproses untuk diterbitkan di jurnal lainnya. Manuskrip dapat menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Format

  1. Sistematika penulisan disesuaikan dengan TemplatePena Kreatif : Jurnal Pendidikan. Sekurang-kurangnya mencakup Abstrak, Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, dan Daftar Pustaka. Terima Kasih/Penghargaan (apabila ada) diletakkan setelah Kesimpulan dan Saran serta sebelum Daftar Pustaka.
  2. Artikel diketik dengan huruf ukuran 10 point (sesuai template dengan jarak baris 1 pada kertas A4.
  3. Batas atas, bawah, sisi kiri dan kanan sekurang-kurangnya 1,3 cm.
  4. Artikel ditulis seefisien mungkin sesuai dengan kebutuhan, dengan panjang artikel berkisar 5-10 halaman.
  5. Semua halaman, termasuk referensi dan lampiran harus diberi nomor urut halaman.

Sistematika Penulisan Artikel

  1. Abstrak, terdiri dari 100-200 kata dalam bahasa Indonesia. Abstrak memberikan ringkasan atas tujuan artikel, metode, dan Kesimpulan artikel. Abstrak diikuti dengan kata kunci (keywords) terdiri dari 3-5 kata untuk memudahkan penyusunan indeks artikel.
  2. Pendahuluan, berisi tentang latar belakang penelitian, tujuan kegiatan, dan kontribusi kegiatan.
  3. Metode, memuat rancangan kegiatan atau desain kegiatan, sasaran dan target kegiatan (populasi dan sampel), teknik pengumpulan data, model kegiatan, dan teknik analisis.
  4. Hasil kegiatan dan Pembahasan, memuat hasil analisis data, pengujian hipotesis, menjawab pertanyaan-pertanyaan kegiatan, temuan-temuan dan menginterpretasikan temuan-temuan.
  5. Kesimpulan, menyajikan kesimpulan kegiatan, keterbatasan kegiatan, dan saran untuk kegiatan selanjutnya.
  6. Daftar Pustaka, memuat sumber-sumber yang diacu di dalam penulisan artikel.

Tabel dan Gambar (Grafik)

  1. Tabel dan gambar disajikan seefisien mungkin (hanya yang menyajikan hasil) dan dimasukkan ke dalam naskah. Tabel dan gambar yang disajikan dalam lampiran adalah yang menunjukkan proses kegiatan yang telah dilakukan.
  2. Tabel dan gambar diberi nomor urut dan judul lengkap yang menunjukkan isi dari tabel atau gambar.
  3. Referensi terhadap tabel atau gambar harus diberikan pada naskah.
  4. Penulis menyebutkan pada bagian di dalam naskah, tempat pencantuman tabel atau gambar.
  5. Tabel atau gambar sebaiknya dapat diinterpretasikan tanpa harus mengacu ke naskah.
  6. Sumber Tabel dan Gambar harus disertakan.
  7. Gambar harus disiapkan dalam bentuk yang dapat dicetak.

Kutipan

Kutipan dalam teks ditulis diantara kurung buka dan kurung tutup yang menyebutkan nama akhir penulis, tahun tanpa koma, dan nomor halaman jika dipandang perlu.

  1. Satu sumber kutipan dengan satu penulis: (Syafruddin 2001); dengan dua penulis: (Habbe dan Hartono 2000); lebih dari tiga penulis: (Budiono et al. 1999); lebih dari satu sumber kutipan dengan penulis yang berbeda: (Mardiyah 2001; Kusumawati 1999); lebih dari satu sumber kutipan dengan penulis yang sama: (Djakman 1998, 2000).
  2. Jika kutipan disertai nomor halaman: (Brownell 1981, 845).
  3. Jika pada referensi terdapat penulis dengan lebih dari satu artikel pada tahun yang sama, maka pada kutipan gunakan huruf a, b, … setelah tahun. Contoh: (Joni 1999a, 1999b) atau (Joni 1999a, Daud 2000b).
  4. Jika nama penulis disebutkan pada teks, maka nama tidak perlu disebutkan pada kutipan. Contoh: “Alamsyah (1998) menyatakan ...”
  5. Sumber kutipan yang berasal dari pekerjaan suatu institusi sebaiknya menyebutkan akronim institusi yang bersangkutan misalnya, (IAI 1994).

Referensi

Setiap artikel harus memuat daftar pustaka (hanya yang menjadi sumber kutipan) yang disusun alfabetis sesuai dengan nama belakang penulis atau nama institusi. Contoh:

Buku

Satu Penulis

Bringham, E. F. 1992. Fundamental of Financial Management 6th. Fort Wort: The Dryden Press.

Dua sampai 4 Penulis

Cooper, D. R. and P. S. Schindler. 2001. Business Research Method. New York: Mc Graw Hill.

Guan, L., D. R. Hansen, and M. M. Mowen. 2009. Cost Management. Mason: South Western.

Lebih dari 4 Penulis

Booth, W. C. et al. 1995. The Craft of Research. Chicago: University of Chicago Press.

Penulis Institusi

Ikatan Akuntan Indonesia. 2004. Standar Profesional Akuntan Publik. Jakarta: Divisi Penerbitan IAI.

Jurnal

Gumanti, T. A. 2001. Earnings Management dalam Penawaran Saham Perdana di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia(2), 165-183.

Geiger, M. A. and S. M. Ogilby. 2000. The First Course in Accounting: Students Perceptions and their Effect on the Decision to Major in Accounting. Journal of Accounting Education, 18, 63-78.

Website

Australian Bureau of Statistics. 2000. 1996 Census of Population and Housing: Northern (Statistical Division) Queensland. Diunduh tanggal 19 Agustus 2001, http://www.abs.gov.au.

Bond, T. 2004. ED1401: Childhood and Adolescence, week 12 notes. Diunduh tanggal 25 Februari 2005, http://learnjcu2004.jcu.edu.au.

Workshop/Seminar

Abbott, K. and  J. Seymour. 1997. Trapping The Papaya Fruit Fly in North Queensland. Paper presented at the Australian Entomological Society Conference, Melbourne.

Fitriany dan D. Sari. 2008. Studi atas Pelaksanaan PBL dan Hubungannya dengan Prestasi Mahasiswa. Paper dipresentasikan pada acara Simposium Nasional Akuntansi XI, Pontianak.

Tesis/Disertasi/Working Paper

Utama, S. 1996. The Association between Institutional Ownership and Trading Volume Reaction to Annual Earnings Announcements. Ph.D Dissertation, Texas A&M University.

Chambers, D. J. 2003. Earnings Persistence and Accrual Anomaly. Working Paper, University of Illinois at Urbana-Champaign.

Chan, K., L. Chan, N. Jegadeesh, and J. Lakonishok. 2004. Earnings Quality and Stock Returns. Working Paper, University of Illinois at Urbana-Champaign.

Catatan Kaki

Catatan kaki dipergunakan hanya untuk memberikan penjelasan tambahan, yang apabila digabung ke naskah akan mengganggu kontinuitas naskah. Dengan demikian catatan kaki tidak dipergunakan untuk referensi. Catatan kaki harus diberi nomor urut dicetak superscript. Teks dari catatan kaki ditempatkan langsung pada halaman yang terdapat  nomor superscript.

Kebijakan tentang Plagiarisme

Setiap penulis yang menyerahkan artikel ke Jurnal Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan harus membuat surat pernyataan bahwa naskahnya bebas dari plagiarisme dan tidak sedang dipertimbangkan dan dimuat dalam jurnal lain.

Kebijakan Reproduksi

Artikel yang telah dipublikasi di Jurnal Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan menjadi hak cipta Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Pontianak. Untuk tujuan edukatif, isi dari Jurnal Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan dapat dikopi atau direproduksi selama menyebutkan sumber dari artikel tersebut. Permintaan tertulis harus diajukan kepada Editor untuk memperoleh ijin mereproduksi isi dari Jurnal Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan untuk tujuan lainnya selain tujuan edukatif.

Kebijakan atas Ketersediaan Data

Konsisten dengan tujuan dari Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan, penulis artikel diharapkan dapat memberikan data yang dimilikinya kepada yang memerlukannya dan memberikan informasi cara memperoleh data tersebut. Jika artikel menggunakan pendekatan survei atau eksperimen, maka seluruh instrumen (kuesioner, kasus, rencana wawancara, dan lainnya) harus dilampirkan.

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

: 0.00 (IDR)

: 0.00 (IDR)

: 0.00 (IDR)