FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN INFEKSI SOIL TRANSMITTED HELMINTHS (STH) PADA PETANI SAYUR DI DESA LINGGA KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN 2017

Dedi Alamsyah, Ismael Saleh, Nurijah Nurijah

Abstract


atar Belakang: STH adalah  nematode usus yang ditularkan melalui tanah dan sebagai infestasi  satu  atau  lebih  cacing  parasit  usus  yang terdiri dari golongan nematode usus. Pekerja pertanian seperti petani  sayur  yang  berhubungan  langsung  dengan  tanah  mempunyai resiko yang besar  untuk terinfeksi cacing ini. Ditemukan dari hasil survey yang dilakukan pada 10 sample fases responden didapatkan hasil 100% positif cacing.

Tujuan penelitian: mengetahui faktor yang berhubungan dengan kejadian infeksi cacing Soil Transmitted Helminth pada Petani sayur di Desa lingga Kecamatan Sungai Ambawang kabupaten Kubu Raya Pada Tahun 2017.

Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah  observasional dengan pendekatan cross sectional. sampel dalam  penelitian  ini sebesar 50 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dan analisis uji statistik yang digunakan adalah Chi Square dengan tingkat kepercayaan 95%.

Hasil: Dari 50 sampel yang diambil didapatkan bahwa 64% Sampel positif Mengandung telur cacing Soil Transmitted  Helminths. Hasil analisis bivariat menunjukkan ada hubungan antara Kebersihan kuku (p = 0,047, PR = 1,785), Kebiasaan mencuci tangan (p = 0,018, PR = 1,672), penggunaan  tinja sebagai pupuk (p = 1,000 , PR =1,153), Penggunaan alat pelindung Diri (p = 0,023 , PR = 1,767).

Saran: Berdasarkan  hasil  penelitian  disarankan  agar Perlu adanya penyediaan media informasi  terkait  Kesehatan  di tempat kerja tentang manfaat Penggunaan alat Pelindung Diri    (APD) serta sosialisasi  cara dan pentingnya mencuci tangan dengan baik, menjaga kebersihan perorangan, sehingga kedepannya nanti diharapkan dapat meminimalisir angka kejadian infeksi Soil Transmitted Helmith pada pekerja petani sayur.


Keywords


Gangguan Kesehatan; Stres Kerja; Polisi;



DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jjum.v4i2.858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.