FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU IBU MENGIMUNISASI ANAKNYA DI DESA SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA (PENDEKATAN TEORI HEALTH BELIEF MODEL)

Rosmala Dewi, Ismael Saleh, Abduh Ridha

Sari


Imunisasi merupakan salah satu program yang berkaitan dengan upaya preventif penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.Di Kalbar data UCI baru mencapai 69,65%. Desa Sungai Raya tahun 2014 IDL 15,3% masih dibawah target dan hasil survey pendahuluan di dapatkan bahwa dari 15 responden diketahui 5 (30%) imunisasinya belum lengkap dengan alasan ibu merasa khawatir akan meyebabkan demam.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan perilaku ibu mengimunisasi anaknya di Desa Sungai Raya menggunakan pendekatan teori Health Belief Model.

Jenis penelitian ini adalah analitik observasional. Sampel dalam penelitian ini sebesar 86 orang dengan menggunakan rumus statistik. Keseluruhan populasi dijadikan sampel dan analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji Chi-square.

Hasil penelitian diketahui  bahwa ada hubungan antara kerentanan yang dirasakan (p= 0,004), keseriusan yang dirasakan (p= 0,046), manfaat yang dirasakan (p= 0,007), hambatan yang dirasakan (p=0,024) dengan perilaku ibu mengimunisasi anaknya.

SebaiknyaDinas Kesehatan dan Puskesmas menyiapkan sarana dan prasarana berupa media penyuluhan dan pembentukan kelompok-kelompok sasaran imunisasi sehingga peningkatan target  imunisasi dapat tercapai secara maksimal. 


Kata Kunci


HBM; Imunisasi; Kerentanan; Keseriusan; Manfaat; Hambatan.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


website statistics View My Stats