EFEKTIVITAS KOMBINASI SENAM AEROBIK LOW IMPACT DAN TERAPI MUROTTAL QURAN TERHADAP PERUBAHAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA HIPERTENSI DI UPT PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA MULIA DHARMA KABUPATEN KUBU RAYA

Andri D Hernawan, Dedi Alamsyah, Meti Maya Sari Andri D Hernawan
Dedi Alamsyah
Meti Maya Sari

Abstract


Dept. of Health Houshold Survey onHealth yaitu hipertensi dengan prosentase sebesar 15,7% diperingkat pertama. Tekanan darah tinggi menyumbang kontribusi untuk 9,4 juta kematian setiap tahun akibat penyakit jantung dan stroke. Data dari UPT Tresna Wherda Mulia Dharma tahun 2016 di dapatkan jumlah Lansia yang menderita Hipertensi adalah sebanyak 29 kasus dan 2 orang meninggal di sebabkan stroke dengan jumlah lansia yang di bina dan menetap di Panti sebanyak 59 orang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kombinasi senam aerobik low impact dan murottal quran terhadap perubahan tekanan darah pada lansia hipertensi di UPT Panti Sosial Tresna Werdha Mulia Dharma kabupaten Kuburaya.

Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan desain penelitian adalah one group pre-test post- test desain (sebelum dan sesudah perlakuan), sampel penelitian sebanyak 21 responden yang di ambil dengan teknik total sampling. Uji statistik yang di gunakan adalah uji T berpasangan pada satu kelompok yang sama.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan lansia sebelum senam aerobik low impact dan terapi murottal quran sebagian besar responden memiliki tekanan sistolik 150 mmHg dengan prosentase 42,8 % dan diastolik sebagian besar 90 mmHg sebesar 42,8%.Sedangkan sesudah perlakuan sebagian besar sistolik 130 mmHg dengan presentase 47,5% dan diastolik sebagian besar 70 mmHg dengan presentase 47,6%. Hasil uji T-berpasangan di dapatkan ada perbedaan bermakna tekanan darah sistolik dan diastolik sebelum dan sesudah melakunan senam aerobik low impact dan terapi murottal Quran dengan p value= 0,000 untuk sisitolik dan p value = 0,000 untuk diastolik.

Disarankan kepada petugas dan pengurus panti untuk mengadakan kegiatan senam Aerobik low impact dan terapi murottalsecara rutin kepada lansia untuk mengurangi angka kesakitan terutama penyakit hipertensi.           


Keywords


aerobik; Terapi Murotal qur’an; tekanan Darah; Hipertensi;



DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jjum.v4i1.845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the JUMANTIK: Jurnal Mahasiswa dan Peneliti Kesehatan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License