PENGARUH PENYULUHAN TENTANG PERAWATAN KARIES GIGI TERHADAP KOOPERATIF SISWA DALAM TINDAKAN ATRAUMATIC RESTORATIVE TREATMEN

Mardjan Mardjan, Arpani Arpani, Abdul Haris Jauhari Mardjan Mardjan
Arpani Arpani
Abdul Haris Jauhari

Abstract


Kunci keberhasilan perawatan gigi salah satunya ditentukan oleh kesanggupan anak untuk bekerjasama selama perawatan. Rasa  takut  dan  cemas  terhadap  perawatan  menunjukkan perilaku anak  sangat mempengaruhi dan menyulitkan dalam memberikan perawatan. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh penyuluhan tentang perawatan karies gigi terhadap kooperatif siswa dalam tindakan  atraumatic restorative treatment.

Metode penelitian quasi experiment dengan rancangan one group pretest-postest, populasi semua siswa kelas V SDN 5 Singkawang Utara berjumlah 57  siswa. Sampel yang memenuhi kriteria inklusi didapatkan 41 responden. Uji statistik yang digunakan McNemar Test.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan perilaku kooperatif dari sebelum penyuluhan 24 siswa (58,5%) dan sesudah diberikan penyuluhan, perilaku kooperatif sebanyak 39 siswa (95,1%). Terdapat perbedaan sebelum diberikan penyuluhan dan sesudah diberikan penyuluhan terhadap tingkat kooperatif siswa dalam tindakan Atraumatic Restorative Treatment, dengan probabilitas 0,000 < 0,05.

Disimpulkan bahwa penyuluhan perawatan karies gigi tentang tindakan ART dapat mempengaruhi perilaku kooperatif  dalam tindakan ART. Informasikan dahulu tindakan yang akan diterima, sehingga anak akan siap dan tidak berpersepsi negatif


Keywords


Counseling; Students; Cooperation; Atraumatic Restorative Treatment;



DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jjum.v4i1.841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the JUMANTIK: Jurnal Mahasiswa dan Peneliti Kesehatan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License