EFEKTIFITAS LIMBAH RAMBUT SALON SEBAGAI MEDIA FILTRASI DALAM MENURUNKAN KADAR MINYAK DALAM AIR PADA KAPAL MOTOR “GIAT” DI KECAMATAN TELUK KERAMAT TAHUN 2016

Apyudi Apyudi, Suharno Suharno, Tedy Dian Pradana Apyudi Apyudi
Suharno Suharno
Tedy Dian Pradana

Abstract


Sebagian wilayah di Kecamatan Teluk Keramat masyarakatnya tinggal di tepian sungai, banyak masyarakat menggunakan transportasi air untuk beraktivitas. Salah satu masalah yang timbul akibat meningkatnya kegiatan manusia, banyak aktivitas manusia di lakukan di sungai dapat menyebabkan pencemaran. Sumber pencemaran ini Antara lain limbah rumah tangga, aktivitas pengerukan pasir di sumgai dan buangan minyak dari limbah kapal. Untuk menurunkan kadar minyak di air bisa dilakukan dengan cara metode filtrasi dengan media rambut manusia. Limbah rambut manusia biasanya hanya diinovasikan sebagai rambut palsu, namun komponen keratin dan bagian korteks yang merupakan mikrofibril dan rongga dari bagian medulla dari rambut manusia dapat menyaring dan mengikat jenis lemak atau minyak (Sequeira, 2003).Hasil uji pendahuluan air limbah kapal motor giat kadar minyaknya adalah 2.38 mg/L. Kadar minyak tersebut telah melebihi nilai ambang batas (NAB) yang telah ditentukan oleh PP RI No. 82 Th. 2001, tentang pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air yaitu 1 mg/liter.

Penelitian ini bersifat Quasi Eksperimental (eksperimen semu), bertujuan untuk mengetahui efektivitas  pengolahan limbah kapal dengan proses filtrasi untuk menurunkan kadar minyak pada air limbah. Filtrasi ini mengunakan media rambut manusia yang mana terdiri dari dua variasi ketebalan yaitu 100cm dan 50cm. Sampel penelitian sebanyak 27 sampel, terdiri dari 9 sampel sebelum perlakuan, 9 sampel sesudah perlakuan dengan ketebalan media 100cm, dan 9 sampel sesudah perlakuan dengan ketebalan media 50cm.

Uji statistik yang digunakan adalah uji T-test. Hasil uji wilcoxon menunjukan perbedaan penurunan kadar minyak yang bermakna sebelum dan sesudah difiltrasi dengan ketebalan media 100cm (p=0,008 < p=0,05). Hasil uji wilcoxon menunjukan perbedaan penurunan kadar minyak yang bermakna sebelum dan sesudah difiltrasi dengan ketebalan media 50cm (p=0,008 < p=0,05). Hasil uji Mann-Whitney menunjukan p=0,004 (p<0,05) terdapat perbedaan hasil filtrasi antara ketebalan filtrasi 50cm dengan ketebalan filtrasi 100cm.

Disarankan bagi pemilik kapal motor (CV GIAT) di Sekura Kecamatan Teluk Keramat Kabupaten Sambas, air limbah atau air buangan yang ada di got kapal telah bercampur dengan minyak, sehingga dilakukan pengolahan dengan cara filtrasi atau penyaringan menggunakan media rambut manusia terlebih dahulu sebelum dibuang.

Kata kunci : proses filtrasi, kadar minyak, limbah kapal motor giat




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jjum.v3i2.367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the JUMANTIK: Jurnal Mahasiswa dan Peneliti Kesehatan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License