Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pola Makan pada Mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat di STIKES Kharisma Persada

Amalia Amandatiana Amalia Amandatiana

Abstract


Pola makan adalah suatu cara atau usaha dalam pengaturan jumlah dan jenis makanan dengan informasi gambaran yang meliputi mempertahankan kesehatan, status nutrisi, mencegah atau membantu kesembuhan penyakit.  Pola makan dan gaya hidup telah membuat masyarakat dihadapi masalah gizi ganda. Kelebihan dan kekurangan gizi dapat menimbulkan penyakit menular maupun penyakit degeneratif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor– faktor yang berhubungan dengan pola makan pada Mahasiswa program  studi  S1  Kesehatan  Masyarakat  di  STIKes  Kharisma Persada Penelitian   ini  menggunakan   metode  analitik   dengan menggunakan desain studi potong lintang (cross sectional). Penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa, Hasil uji statistik diperoleh nilai P Value > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara pola makan dengan uang saku, pengetahuan gizi, jenis kelamin, sikap pemenuhan zat gizi, aktivitas, dan tempat tinggal. Saran: Dari hasil penelitian ini diharapkan institusi pendidikan dapat meningkatkan dan menentukan berbagai program penelitian yang dapat menyebar luaskan informasi tentang pola makan yang baik dan meminimalkan penyakit yang diakibatkan oleh pola makan yang kurang baik pada mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Sulistyoningsih. Gizi untuk Kesehatan Ibu dan Anak. Yogyakarta: PT. Graha Ilmu; 2011.

Kemenkes RI. Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2014.

WHO. World Health Statistic 2014. Swiss: WHO; 2014.

Larson et al. Ethnic or Racial Disparities in Adolescents Home Food Environment and Linkages to Dietary Intake and weight status. 2015; 16 (10): 43–46.

Suci, S.P. Faktor–faktor yang berhubungan dengan pola makan pada Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah; 2011.

Notoatmodjo, S. Prinsip–prinsip dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta; 2012.

Kemenkes RI. Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2013.

Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia 2016. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2016.

Kemenkes RI. Riset Kesehatan Dasar 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2018.

Naimah, A.T.Hubungan antara Pola Asuh Demokratis dengan Kedisiplinan dalam Penggunaan Waktu. Naskah Publikasi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2014.

Khairiyah, E.L. Pola Makan Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun 2016. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah; 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jjum.v6i1.2000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the JUMANTIK: Jurnal Mahasiswa dan Peneliti Kesehatan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License